Dialog dengan Mahasiswa, Nurdin Paparkan Capaian dan Target Pemerintahannya
Oleh : Charles Sitompul
Jum\'at | 09-03-2018 | 19:50 WIB
nurdin-dialog.jpg honda-batam
Nurdin Basirun dialog interaktif dengan Aliansi Mahasiswa Kepri yang digelar di Gedung Daerah Tanjungpinang, Kamis (8/3/2018) (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Di hadapan mahasiswa yang menyoal lesunya pertumbuhan ekonomi Kepri dalam 2 tahun masa kepemimpinanya sebagai Gubernur Kepri, Nurdin Basirun membeberkan sejumlah capaian kinerja pemerintahannya selama 2 tahun, serta sejumlah target pembangunan yang akan dilaksanakan ke depan.

"Kita harus optimis dan terus berusaha meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang diiringi dengan kesejahteraan masyarakat secara merata, serta melengkapi identitas Kepri yang merupakan daerah kepulauan dengan sejumlah infrastruktur yang terus ditingkatkan," ujar Nurdin dalam dialog interaktif dengan Aliansi Mahasiswa Kepri yang digelar di Gedung Daerah Tanjungpinang, Kamis (8/3/2018).

Pada kesempatan itu, Nurdin juga menyanjung keberhasilan yang dilakukan sejumlah Kepala-kepala OPD di Provinsi Kepri yang menurutnya sudah bekerja keras dalam mencapai target kinerjanya. Ke depan, Nurdin juga menginginkan agar target kinerja seluruh OPD di Kepri yang lebih terfokus.

"Untuk itu kami setiap minggunya melakukan rapat evaluasi untuk melihat sudah sejauh mana capaian target kerja yang dilakukan oleh OPD," jelas Nurdin.

Menanggapi target pembangunan, Nurdin menyatakan, perlu sumbangsih semua elemen termasuk kabupaten dan kota. Karena menurutnya, kebersamaan yang terjalin di Kepri dapat menjadi kunci sukses pembangunan.

"Diiringi pula dengan terobosan-terobosan baru dari Kabupaten dan Kota, kami yakin semua mampu menunjukkan kemampuannya dalam membangun Kepri," tambahnya lagi.

Senada dengan Gubernur, Sekdaprov Kepri, TS Arif Fadillah, mengatakan bahwa dialog yang dilakukan pada malam ini merupakan bekal berharga bagi pemerintah yang didapat dari elemen mahasiswa dalam menyalurkan aspirasinya terkait pembangunan di Kepri.

"Ini sebagai bentuk sinergitas dan kebersamaan kita dalam membangun Kepri, dialog ini menjadi masukan-masukan bagi kami untuk dapat lebih meningkatkan kinerja pemerintah daerah," ujar Arif.

Dialog dengan tema "Refleksi 2 Tahun Kepemimpinan Gubernur Kepulauan Riau" tersebut, banyak berisikan tanya jawab dengan dipandu moderator, Eki Darmawan, yang merupakan dosen tetap di Kampus UMRAH.

Mengenai potensi kelautan Kepri, yang hingga saat ini belum maksimal dimanfaatkan, Nurdin meresponnya, dengan mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan dalam peningkatan potensi kelautan di daerah adalah digesanya pengesahan UU tentang Daerah Kepulauan.

Kemudian terkait pemerataan pembangunan, Nurdin bersama OPD terkait terus bersinergi dengan Kabupaten dan kota dalam mempelajari lokasi mana saja yang perlu untuk diprioritaskan pembangunan infrastrukturnya.

Editor: Udin