Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 7 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari
Oleh : Redaksi
Kamis | 08-03-2018 | 16:26 WIB
minum1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi minum air putih. (Viva)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Untuk menghindari beragam penyakit karena kekurangan air putih, kita perlu minum air putih setiap 15-20 menit sekali.

Dilansir dari Boldsky, orang Jepang secara turun temurun dan teratur mempraktekkan ritual pagi mereka dengan meminum segelas air putih. Itulah alasan tubuh mereka ramping dan sehat.

Minum segelas air, sebaiknya hangat, di pagi hari, terutama saat perut kosong akan membantu membuang semua racun yang telah diakumulasikan oleh tubuh dalam semalam.

Mengonsumsi air putih hangat di pagi hari terutama saat perut kosong ternyata juga menyimpan segudang manfaat, berikut ini ulasannya.

1. Mempercepat Metabolisme
Jika kita sedang diet menurunkan berat badan, minum air putih pada perut kosong akan mempercepat metabolisme dan akan meningkatkan tingkat metabolisme hampir 25 persen. Ini akan membantu pencernaan lebih cepat dan menurunkan berat badan dengan lebih cepat dan efisien.

2. Membersihkan saluran pencernaan
Minum air putih pada perut kosong akan membersihkan saluran pencernaan di pagi hari. Ini akan memberi kita dorongan untuk mengatur pergerakan usus kita. Ini juga membantu menyingkirkan 'sampah' dari tubuh kita.

3. Meningkatkan Imunitas
Air diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh yang tepat. Minum air putih pada perut kosong bisa bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh karena mampu membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.
Minum air putih juga meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

4. Mencegah Serangan Migrain
Sebagian besar orang menderita serangan migrain atau sering sakit kepala karena kekurangan cairan di dalam tubuh. Dehidrasi adalah penyebab utama sakit kepala yang mengganggu atau migrain.

Minum air putih pada perut kosong akan membebaskan kita dari sakit kepala dan juga menjaga masalah gigi.

5. Meningkatkan Nafsu Makan
Tahukah kita bahwa minum air putih pada perut kosong bisa membantu meningkatkan nafsu makan kita? Bagaimana?

Perut kita kosong di pagi hari dan setelah kita meminum segelas air, perut kita mengeluarkan cairan dari saluran pencernaan. Hal ini meningkatkan nafsu makan dan membuat kita merasa lapar.

6. Menjadikan kulit jernih dan bersinar
Minum air putih di pagi hari akan membantu kita mendapatkan kulit yang jernih dan bersinar.
Patch dan bercak gelap pada kulit disebabkan oleh racun, yang terakumulasi dalam tubuh.
Jadi, minum air putih pada perut kosong akan menghilangkan racun dan membuat kulit kita jernih dan indah.

7. Bersihkan Colon
Minum air putih pada perut kosong akan membantu saluran pencernaan kita untuk membuang limbah dan akan memungkinkan penyerapan nutrisi lebih cepat.

Hal ini menyebabkan usus yang lebih sehat dan mencegah kanker usus besar dalam jangka panjang.
Kanker usus besar atau kanker kolorektal merupakan jenis kanker yang berbahaya dan sangat mempengaruhi pria dan perempuan.

Sumber: NOVA.id
Editor: Yudha