Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Amsakar Resmikan Kantor Asperikat, Lanal Batam Dukung Kebijakan Pemko Batam
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 08-03-2018 | 11:02 WIB
aspekat-1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad meresmikan Kantor Sekretariat Asperikat Kota Batam yang dihadiri sejumlah pejabat seperti Danlal Batam, Kolonel Laut (P) Iwan Setiawan dan lainnya. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam, Kolonel Laut (P) Iwan Setiawan, selaku Pembina Asosiasi Pengusaha dan Peternak Ikan Air Tawar (Asperikat) Kota Batam menghadiri peresmian kantor Asperikat oleh Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, di Ruko Golden Wealth Blok B nomor 5 Tiban Center, Kecamatan Sekupang, Rabu (7/3/2018).

Peresmian kantor Asperikat Kota Batam secara simbolis ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Wali Kota Batam. Selanjutnya diserahkan kepada Ketua Asperikat, Sugito.

Acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Wakil Wali Kota Batam dan Komandan Lanal Batam sebagai tanda beroperasinya secara resmi Kantor Sekretariat Asperikat Kota Batam.

Danlanal dalam sambutannya, menyampaikan, pihaknya sangat mendukung kebijakan pemerintah daerah dalam menjaga ketahanan pangan, khususnya bidang perikanan, salah satunya dengan merangkul para pengusaha dan peternak ikan untuk bergabung dalam Asperikat.

"Hal tersebut juga merupakan bentuk pembinaan potensi maritim dalam pemberdayaan wilayah pertahanan laut. Ini juga menjadi salah satu tugas pokok TNI AL sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI mengenai Operasi Militer Selain Perang (OMSP)," kata Iwan, dikutip dari siaran pers yang diterima BATAMTODAY.COM, Kamis (8/3/2018).

Di samping itu, ia juga berharap Asperikat akan menjadi wadah yang memberikan banyak manfaat bagi para anggota khususnya dan masyarakat Kota Batam umumnya.

"Kita berharap agar para anggota dapat sharing pengetahuan dan bekerjasama memajukan budidaya ikan air tawar di Kota Batam," tambahnya.

Sesuai dengan kata sambutan Wakil Wali Kota Batam, tambah Iwan, juga menyampaikan Pemerintah Kota Batam mendukung penuh usaha dari peternak ikan air tawar di Kota Batam.

Bahkan, juga memerintahkan agar seluruh instansi Dinas terkait untuk mendukung penuh pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam hal ini Asperikat dalam usaha membudidayakan ikan air tawar.

"Hal tersebut sebagai upaya untuk menjamin ketersediaan kebutuhan pangan, dalam hal ini kebutuhan ikan air tawar," pungkasnya.

Kegiatan juga dihadiri Asisten I Pemko Batam M. Syuzairi, Sekda Kota Batam Jefridin, Danyon 10 Marinir Letkol Mar Rino Rianto unsur FKPD Kota Batam, Kadisperindag Zarefriadi, Kadis Perikanan Kota Batam Husnaini, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Zulhendri, Kadis Koperasi dan Usaha Mikro Sulaiman Nababan.

Palaksa Lanal Batam, Paspotmar dan Pasprogar Lanal Batam, Kepala Stasiun Karantina Ikan Anak Agung Gede Eka Susila, Lurah Tiban AS. Rahman, Ketua Asperikat beserta Pengusaha dan Peternak Ikan Air Tawar se-Batam turut hadir.

Editor: Gokli