Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun Ini, Dinkes Batam Periksa 1.000 Wanita Rentan HIV/AIDS
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 07-03-2018 | 12:31 WIB
didid-2.jpg Honda-Batam
Kapala Dinkes Batam, Didi Koesmarjadi. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam akan melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap 1.000 wanita rentan HIV/AIDS sepanjang tahun 2018.

Kapala Dinkes Batam, Didi Koesmarjadi menyampaikan, 1.000 wanita itu terdiri dari, pekerja seksual dan ibu hamil yang rentan penularan ke bayi pada kandungan.

"Pemeriksaan ini sebagai bentuk deteksi dini. Ada 500 ibu hamil dan 500 wanita pekerja seksual (WPS) sepanjang 2018," ujar Didi, Rabu (7/3/2018).

Pemeriksaan Ibu hamil juga menjadi target, program Prevention Mother to Child Transmission (PMTCT). Atau pencegahan penularan HIV/AIDS dari ibu ke bayi dalam kandungan.

Ini merupakan salah satu upaya menyelamatkan bayi dari virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh tersebut. Jika ibu terdeteksi positif HIV/AIDS, pihak medis bisa menentukan langkah-langkah guna penyelamatan bayi.

Setidaknya dapat meminimalisir penularan virus dari ibu ke anak dalam kandungan. "2017 kemarin sedikitnya tiga balita ditemukan positif HIV. Karena itu, deteksi dini melalui tes ke ibu hamil penting dilakukan," ujarnya.

Tes HIV/AIDS ini, kata Didi, dilaksanakan dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). Anggaran yang tersedia pada 2018 yakni sebesar Rp80 juta.

Saat ini Dinkes masih mendata WPS yang akan menjalani tes. Namun sasaran lokasi kemungkinan masih sama seperti tahun lalu yakni hotel, tempat pijat, dan pusat rehabilitasi non panti.

"Tahun lalu, sedikitnya 624 WPS menjalani tes HIV/AIDS. Dan dari pemeriksaan tersebut tiga di antaranya positif HIV," pungkasnya.

Editor: Gokli