Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Agar Mata Tetap Sehat, Hindari Kebiasaan Buruk Ini
Oleh : Redaksi
Selasa | 06-03-2018 | 13:13 WIB
mata-indah1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi. (istock) | istock

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dengan memiliki mata yang sehat, kita bisa menikmati semua keindahan yang ada di muka bumi ini.

Mata kita memiliki fungsi yang luar biasa, namun seiring bertambahnya usia, penglihatan kita bisa semakin memburuk. Meski kita tidak bisa mencegah hal ini tetapi kita bisa memperlambat prosesnya dengan merawatnya dengan baik.

Agar mata tetap sehat, kita bisa mengonsumsi makanan yang baik. Selain itu, kita juga wajib menghindari kebiasaan yang bisa memicu kerusakan mata.

Dilansir dari laman NOVA.id, berikut kebiasaan yang harus dihindari agar kesehatan mata tak terganggu.

1. Menggunakan air untuk membersihkan lensa kontak
Penting menggunakan cairan pembersih khusus lensa kontak. Karena jika menggunakan cairan lain seperti air bisa menyebabkan infeksi. Jika kita harus membersihkan lensa kontak namun tidak memiliki larutan pembersih yang khusus, maka gunakan air mendidih dan bukan air biasa.

2. Menggosok mata
Menggosok atau menyentuh mata bisa meningkatkan risiko infeksi. Ada kemungkinan bakteri masuk ke mata saat kita sering menyentuh atau menggosok mata. Selalu cuci tangan dengan sabun anti bakteri sebelum menyentuh wajah atau mata.

3. Tidak memakai kacamata hitam
Lindungi mata kita dari paparan sinar matahari dan debu dengan memakai pelindung seperyi kacamata hitam. Hal ini sangat penting ketika kita beraktivitas di luar. Debu bisa saja masuk ke mata, dengan begitu gunakanlah pelindung seperti kacamata hitam saat pergi keluar.

4. Tidak menggunakan kacamata berenang
Kita harus memakai kacamata saat berenang. Hal ini akan melindungi mata dari bahaya yang disebabkan oleh partikel bawah air. Tak hanya di lautan, di kolam renang pun kita wajib menggunakannya.

5. Tidak menggunakan lensa kontak dengan benar
Menyimpan lensa kontak secara tidak benar dapat menyebabkan infeksi mata, penglihatan kabur, dan gatal. Pastikan kita menggunakan kotak untuk menyimpannya. Dianjurkan untuk mengganti kotak lensa kontak setiap bulan keempat.

Dengan mengubah kebiasaan ini, kita bisa membantu menjaga kesehatan mata. Mata yang sehat akan lebih sempurna melihat keindahan dunia.

Sumber: NOVA.id
Editor: Yudha