Disdik Lingga Minta Sekolah Efektif Gunakan Dana BOS
Oleh : Bayu Yiyandi
Selasa | 06-03-2018 | 11:14 WIB
bos-3.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lingga meminta setiap sekolah untuk lebih efektif menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), baik itu bantuan dari Pemerintah Pusat maupun dari Pemerintah Daerah.

"Kita minta sekolah efektif gunakan bantuan ini. Tujuannya agar bantuannya bisa terarah dan tepat sasaran. Kemudian dapat dipertanggungjawabkan oleh sekolah sesuai Juknis dan Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKA-S) terkait penggunaannya," kata Zamruddin, Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Disdik Lingga kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (6/3/2018).

Ia mengaku, permintaan tersebut disampaikan karena sebelumnya pihak Disdik telah banyak mendapat laporan bahwa ada sekolah yang melakukan penggunaan BOS tidak sesuai dengan prosedur. Satu diantaranya, yakni siswa harus dibebankan untuk memfotocopy buku pelajaran sendiri.

"Itu tidak boleh, sekolah harus bisa memenuhi kebutuhan buku untuk siswa. Dalam penggunaan dana BOS, ada 11 item yang diboleh dibelanjakan, salah satunya belanja buku," terangnya.

Ia berharap pihak sekolah dapat menggunakan bantuan BOS sesuai aturannya. Kemudian pihak Disdik juga pernah menyampaikan hal yang sama pada saat menggelar sosialisasi Permendikbud nomor 16 tahun 2017, tentang pertanggungjawaban dana BOS pada Selasa (27/2/2018) lalu di Aula Lela Sengguna, Daik Lingga. Dengan dihadiri oleh seluruh kepala Sekolah SD dan SMP se-Kecamatan Lingga.

Di situ Disdik berharap kepada setiap sekolah agar tidak lagi terlambat dalam memberikan laporan SPJ ke Dinas. "Kita berharap jangan ada lagi penyampaian SPJ ke Dinas Pendidikan yang terlambat. Apapun SPJ itu terkait dana BOS. Kalau ada yang terlambat, akan kita blokir rekeningnya," tegasnya.

Editor: Gokli