PKP

KPU dan DLH Tanjungpinang Teken MoU Pilkada Hijau
Oleh : Habibi
Sabtu | 03-03-2018 | 15:38 WIB
robby-partia1.jpg honda-batam
Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria. (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang teken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanjungpinang guna penyelenggaraan proses pemilihan yang hijau dan bersih dari sampah.

Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria mengatakan, komitmen ini diambil agar selama masa kampanye dan pemilihan nantinya, setiap Pasangan Calon (Paslon), partai pendukung dan masyarakat turut menjaga kebersihan lingkungan.

"Komitmen ini akan berlaku sepanjang proses pemilihan berlangsung. Seperti pada masa-masa berkampanye, seluruh calon diharapkan tidak meninggalkan sampah di lokasi-lokasi berkumpul. Kalau pun ternyata berserakkan sampah, ketua tim pasangan calon harus menurunkan timnya untuk melakukan pembersihan usai kegiatan berlangsung," tutur Robby, Sabtu (3/3/2018).

Selain itu, MoU ini juga berlaku saat pemasangan dan pembagian Alat Peraga Kampanye (APK). Tim pasangan calon, diminta memerhatikan keindahan. Robby mengimbau agar Paslon dan timnya tidak menempelkan APK pada makhluk hidup, seperti di pohon-pohon.

Dikarenakan, hal-hal ini yang kerap kali ditemui pada proses Pemilu beberapa waktu lalu. Sehingga menggangu estetika keindahan kota, kenyamanan dan juga kebersihan.

Robby mengatakan, langkah yang dilakukan KPU ini merupakan terusan dari arahan Kementerian Lingkungan Hidup.

"Jadi usai tandatangan MoU, KPU Tanjungpinang akan menyampaikan ke pasangan calon, agar mereka mempersiapkan timnya untuk dapat diimplementasikan segera," kata Robby.

Editor: Yudha