Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

UPT Damkar Bintan Utara Mencatat, Sudah 42 Titik Kebakaran Selama Februari 2018
Oleh : Harjo
Jumat | 23-02-2018 | 18:50 WIB
petugas-damkar.jpg Honda-Batam
Salah satu kebakaran lahan di Bintan Utara (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Sejak musim panas dan angin kencang melanda Bintan di Bulan Februari 2018 ini, wilayah kerja UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Bintan Utara mencatat, sudah terjadi sebanyak 42 titik kebakaran lahan kosong, selama priode (1-23/2/2018).

"Artinya hampir rata, setiap harinya terjadi dua kali kebakaran hutan, semak atau lahan di wilayah ini. Diduga salah satu pemicunya karena cuaca panas yang dibarengi oleh angin kencang," ungkap Panyodi, salah seorang petugas UPT Damkar Kecamatan Bintan Utara di Tanjunguban kepada BATAMTODAY.COM, Jum'at (23/2/2018).

Panyodi menyampaikan, selama kurun waktu awal Februari 2018 hingga saat ini, setiap harinya terus menerima laporan kebakaran lahan kosong, khususnya di wilayah kerja UPT Damkar Bintan Utara. Ada pun titik terjadinya kebakaran terdapat di tiga kecamatan yakni Bintan Utara, Serikuala Lobam dan Teluksebong.

"Kalau untuk waktu, selain siang ada juga yang malam hari. Beruntung personil hingga saat ini dalam kondisi sehat. Sehingga bisa terus menjalankan tugasnya, sebaliknya apresiasi dari masyarakat dalam membantu tim Damkar saat di lapangan juga sangat antusias," imbuhnya.

Panyodi berharap, dengan sudah banyaknya lahan yang terbakar, ia mengingatkan semua pihak untuk terus mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran dengan tidak membakar sampah atau lainnya secara sembarangan.

Karena dalam kondisi cuaca panas dan angin kencang saat ini, api akan cepat menyambar yang mengakibatkan kebakaran yang cukup besar. Karena kalau dihitung selama Februari 2018 saja, lahan yang terbakar luasnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan hektar.

Editor: Udin