Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rakernas APPSI di Bandung

Perkuat Perdagangan Antar Provinsi, 24 Kepala Daerah di Indonesia Tandatangani MoU
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 22-02-2018 | 19:02 WIB
nurdin-pada-rakor.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat Rakernas Assosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di The Trans Luxury Hotel Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/2/2018) (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Bandung - Perkuat ?kerja sama perdagangan antardaerah untuk penguatan ekonomi nasional?, sebanyak 24 Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, dari seluruh Indonesia tandatangani MoU kerja sama pada Rakernas Assosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di The Trans Luxury Hotel Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/2/2018).

Rakernas yang juga diikuti Gubernur Kepri, Nurdin Basirun ini, mengusung tema "Kerja Sama Perdagangan Antar Daerah untuk Penguatan Ekonomi Nasional", yang dihadiri 24 Gubernur dan Pejabat Gubernur, 6 Wakil Gubernur dan 4 Sekretaris Daerah dari 34 provinsi se-Indonesia.

Gubernur Nurdin Basirun melalui rilis mengatakan, Kepri akan semakin memperkuat konektivitas dengan provinsi-provinsi tetangga dalam rangka kerja sama perdagangan. Kerja sama ini dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat dan memperbaiki stabilitas harga.

"Secara tradisional kerja sama perdagangan ini sudah lama dilakukan. Kita akan memperkuat secara kelembagaan. Semuanya bermuara untuk kepentingan masyarakat," kata Nurdin.

Pada kesempatan itu, Nurdin tampak berbincang dengan Gubernur Sumut, Tengku Erry, dalam memperkuat kerja sama perdagangan khususnya pasokan sembako.

Sebagai tindak lanjut, Nurdin dan Tengku Erry merencanakan, dalam waktu dekat, keduanya akan menindaklanjuti kerja sama perdagangan itu melalui pertemuan besar di Medan, Sumatera Utara.

"Pertemuan dilanjutkan di atas kapal sambil melakukan perjalanan dari Belawan ke Batam. Kita juga akan memperkenalkan potensi kemaritiman Kepri," kata Nurdin.

Kerja sama dengan provinsi tetangga juga segera digesa. Seperti Riau, Sumatera Barat, Jambi dan lainnya. Hubungan yang secara tradisional ini sudah ada, akan semakin kuat.

Dalam Rakernas yang dibuka Mendagri, Tjahjo Kumolo itu, memang dibahas potensi unggulan untuk dikerjasamakan. Kepri mengambil langkah cepat dengan menghubungi provinsi-provinsi tetangga.

Menurut Nurdin, pihaknya ingin mempertegas bahwa para Gubermur siap menjadi garda terdepan dalam mempertahankan dan memajukan NKRI. Apalagi Kepri berbatasan langsung dengan banyak negara. Pembangunan bukan hanya untuk memacu dan memicu pergerakan ekonomi, tapi ada marwah dan kebanggaan yang ingin disampaikan.

Nurdin menyampaikan Rakernas ini semakin memperkokoh konektivitas antarprovinsi. Satu dan yang lainnya saling mendukung. Persilangan hubungan yang sejak dahulu sudah terjadi di Kepri semakin kuat.

Dalam Rakernas tersebut, Nurdin didampingi Kadisperindag Burhanuddin, Kadis Kelautan dan Perikanan Edy Sofyan, Karo Perekonomian Herri Adrianto, Karo Pemerintahan Haryono dan Karo Humas Protokol dan Penghubung, Nilwan.

Editor: Udin