Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Resep Ayam Presto Goreng Renyah Ala Super Penyet Batuaji
Oleh : Suci Ramadhani
Rabu | 21-02-2018 | 14:02 WIB
ayam-goreng1.jpg Honda-Batam
Ayam Presto Goreng Renyah Ala Super Penyet. (Foto: Suci)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kita mungkin hanya mengetahui bahwa membuat ayam presto hanya di oven saja. Tetapi ternyata ayam presto bisa dijadikan kreasi menu lain yaitu ayam presto goreng. Menu dari daging ayam yang sudah di presto, akan digoreng adonan tepung yang membuat kriuk.

"Ayam presto memang di oven tetapi tidak terlalu lama. Karena akan digoreng lagi. Jadi tidak boleh di presto terlalu lama. Selain itu proses penggorengannya juga sangat diperhatikan," kata Ety, pemilik Rumah Makan Super Penyet beralamat di Perumahan Griya Prima blok J no. 10, Batuaji, Rabu (21/2/2018).

Ia menerangkan, ada dua jenis penggunaan tepung di sini yaitu tepung terigu dan tepung kanji. Rasa crunchy yang berbeda dari ayam kriuk lainnya, karena proses pemasakan yang sangat diperhatikan.

"Pertama dari goreng ayam dulu, baru kriuknya, setelah setengah masak. Barulah digulung dengan ayamnya, jadi ayamnya terselimut dengan kriuknya," ujarnya.

Ayam presto goreng akan mempunyai rasa garing di luar dan lembut di dalam, bahkan rasa gurih juga sangat terasa dari tambahan bumbu pada adonan tepungnya. Tidak seperti membuat ayam crunchy lain yang mengunakan tepung basah dan tepung kering, tetapi cukup dengan satu adonan saja, layaknya membuat pisang goreng.

Ayam presto goreng ini lebih lezat saat dinikmati bersama sambal merah, atau sambal terasi. Kriuk ayam juga sangat terasa dari ayam yang panas hingga ayamnya dingin. Adonan yang begitu garing, sangat terasa rapuh alsaat sekali sentuh.

"Tips biar enak itu tepungnya harus pas dan cara goreng juga harus diperhatikan. Ukuran api untuk memanaskan agak besar, kalau minyak udah panas, baru kecilkan apinya. Saat masak ayam dulu, baru tepungnya, agar masaknya merata," ungkapnya.

Berikut resep lengkap Ayam Goreng Presto

Bahan:
- 180 gram daging ayam
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa seculupnya
- 90 gram tepung terigu
- 90 gram tepung kanji
- 1 butir telur

Cara Pembuatan:
1. Daging ayam yang sudah dibersihkan, dibumbui dengan bumbu ungkap. Seperti kunyit, bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam, dan penyedap rasa yang yang dihaluskan.
2. Presto ayam yang sudah dibumbui sampai setengah matang
3. Campurkan tepung terigu, tepung kanji, garam dan penyedap rasa secukupnya. Adon bersama air sedikit demi sedikit sampai tektur tidak terlalu kental ataupun terlalu cair.
4. Setelah ayam dipresto. Masukan ke dalam adonan tepung. Goreng ayam terlebih dahulu.
5. Setelah setengah masak, ratakan adonan tepung dengan lima jarimu hingga membentuk seperti jaring-jaring. Saat sudah setengah matang adonan tepungnya, satukan dengan ayam, hingga terselimut dengan rata.

Editor: Yudha