Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polemik Penunjukan Dirut PT Pelabuhan Kepri Berbuntut Panjang

Nurdin Sebut Hasil Seleksi Dirut PT Pelabuhan Kepri Bukan Penentu
Oleh : Ismail
Senin | 19-02-2018 | 19:02 WIB
Kalah-bertarung-memperebutkan-kursi-Dirut-BUP-PT-TK11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kalah dalam pertarungan seleksi Dirut PT Pelabuhan Kepri, Rio Onasih (kiri) dan Windrasti Dwi Guntoro (kanan) mengadu ke Gubernur di Gedung Daerah, Tanjungpinang, karena tidak dilibatkan di struktur PT Pelabuhan Kepri (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Polemik pemilihan Direktur Utama (Dirut) PT Pelabuhan Kepri semakin bergulir. Pasalnya, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Nurdin Basirun, secara tegas menyebut jika ia tidak akan menggunakan hasil fit and proper test yang dilakukan beberapa waktu lalu sebagai acuan untuk menetapkan Dirut PT Pelabuhan Kepri.

"Ini catatan, hasil itu bukan berarti untuk ditetapkan. Jadi belum," ujarnya belum lama ini.

Menurutnya, untuk memimpin Dirut PT Pelabuhan Kepri tak semata harus merujuk pada hasil fit and proper test. Namun, perlu juga dipelajari track record dan kemampuan manajemen dari masing-masing calon.

"Makanya saya perlu waktu," sebutnya mengakhiri.

Sebelumnya diberitakan, pasca penguman hasil uji kelayakan dan kepatutan Direktur Utama (Dirut) PT Pelabuhan Kepri pada Jumat (4/1/2018) lalu, proses ini langsung menuai polemik.

Penyebabnya, Capt Darmansyah, yang memperoleh nilai tertinggi dalam uji kelayakan dan kepatutan disebut enggan untuk menggandeng dua kandidat lainnya yakin Capt Rio Onasis dan Widrasto Dwi Guntoro dalam jajaran kepengurusan PT Pelabuhan Kepri.

Berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan Dirut PT Pelabuhan Kepri, Capt Darmansyah memperoleh skor 15, sedangkan dua kandidat lainnya Capt Rio Onasis dan Widrasto Dwi Guntoro memperoleh skor 14.
Berdasarkan keputusan yang ditandatangani Syamsul Bahrum selaku Sekretaris Tim Pansel, maka Capt Darmansyah dinyatakan lulus sebagai Dirut PT Pelabuhan Kepri.

Editor: Udin