Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Koperasi Anambas Bermadah Mulai Suplai Perlengkapan Kantor OPD
Oleh : Alfreddy Silalahi
Senin | 19-02-2018 | 16:50 WIB
bupati-anambas-baru11.jpg Honda-Batam
Bupati Anambas Abdul Haris. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Koperasi Pegawai Anambas Bermadah sudah mulai beroperasi menyuplai kebutuhan pokok dan perlengkapan kantor pada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Koperasi sudah mulai berjalan, namun kita tidak memaksakan seluruh pegawai untuk menjadi anggota. Untuk pendaftaran kita berikan dua formulir yakni, formulir pendaftaran dan surat kuasa pemotongan gaji. Kalau memang tidak mau ikut menjadi anggota koperasi, formulirnya jangan diisi," ujar Ketua Koperasi Pegawai Anambas Bermadah, Masykur, Senin (19/2/2018).

Masykur menerangkan, koperasi tersebut sudah memiliki izin dan telah mengantongi akta notaris. Menurutnya, koperasi tersebut belum membuka unit peminjaman.

"Untuk peminjaman belum bisa dibuka. Karena koperasi kita mempunyai modal awal dari anggota. Kita juga tidak terima bantuan. Tidak mungkinlah, baru nyetor dua kali langsung diberi pinjaman. Kalau semua meminjam, kita ambil dari mana,"tegasnya.

Masykur menerangkan, untuk simpanan pokok PNS berjumlah Rp 300.000 dengan simpanan wajib perbulan Rp 100.000. Sedangkan simpanan pokok PTT Rp 150.000 dengan simpanan wajib perbulan Rp 50.000.

"Koperasi ini bentuknya untuk menyuplai kebutuhan pokok sehari-hari hingga alat perkantoran. Untuk yang lain belum bisa kita lakukan," jelasnya.

Masyukur juga menyinggung, koperasi yang didampingi oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) dan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Disko Perindag) telah melakukan sosialisasi ke empat kecamatan.

"Untuk OPD sudah kami himbau agar pimpinan yang mensosialisasikan. Untuk kecamatan, kami turun langsung kelapangan. Yang sudah itu yakni Kecamatan Siantan Timur, Siantan Selatan, Palmatak, dan Siantan Tengah. Untuk Kecamatan Jemaja, Jemaja Timur dan Siantan dilakukan dalam waktu dekat," jelasnya seraya mengatakan saat ini baru puluhan pegawai yang mendaftar sebagai anggota koperasi dengan jumlah pegawai mencapai 5.000 orang.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas membentuk 'Koperasi Pegawai Anambas Bermadah' untuk menunjang kesejahteraan. Koperasi tersebut akan mulai beroperasi pada Desember 2017 mendatang.

"11 Oktober lalu kami sudah membentuk koperasi pegawai Anambas Bermadah yang diketuai oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Anambas, Masykur," ujar Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, Senin (30/10/2017) di sela-sela Upacara Hari Sumpah Pemuda.

Editor: Yudha