Tahun Ini, Pemprov Bangun Tugu Jangkar Kapal di Bundaran Dompak
Oleh : Ismail
Kamis | 15-02-2018 | 13:38 WIB
gub-bundaran-dompak1.jpg honda-batam
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat meninjau lokasi yang akan dibangun tugu jangkar kapal. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tahun ini, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan membangun sebuah tugu berbentuk jangkar kapal di salah satu bundaran menuju Pulau Dompak di Jalan Raja Haji Fisabilillah KM 8 Atas Tanjungpinang.

Ia mengatakan, sesuai dengan komitmen Pemprov Kepri yang akan menata serta mempercantik Pulau Dompak, maka pada tahun ini salah satu fokus pembangunan kawasan itu. Alasan dipilihnya tugu berbentuk jangkar pada kawasan strategis tersebut sesuai dengan ciri khas Kepri yang merupakan poros maritim.

"Kita maunya ini supaya lebih baik. Nanti akan kita buat tugu jangkar kapal. Karena, Kepri ini kan negeri maritim," ungkapnya kepada wartawan, Kamis (15/2/2018).

Penataan kawasan tersebut nantinya kemungkinan besar akam dilaksanakan mulai pertengahan tahun ini. Proyek penataan pedestrian median pada ruas jalan masuk menuju kawasan strategis provinsi Pulau dompak (kawasan Green) menuju jembatan 3 Pulau Dompak ini dianggarakan denhan alokasi anggaran senilai Rp 980 juta.

Selain penataan kawasan jalan dan pembangunan tugu di kawasan tersebut, Pemprov Kepri juga membangun sejumlah tugu di kawasan Pulau Dompak.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kepri Abu Bakar menyampaikan, 2017 lalu pihaknya sudah menyelesaikan pembangunan tahap pertama salah satu bundaran utama di Dompak. Dengan membangun tugu lambang Provinsi Kepri.

Sementara untuk 2018 ini, pihaknya akan membangun kembali tiga tugu di masing-masing bundaran kawasan Pulau Donpak. Namun, untuk pembangunam tersebut tidak menggunakan APBD, melainkam Pemprov Kepri bekerjasama pihak swasta dengan memanfaatkan dana CSR.

"Untuk pembangunan tugu kita kerjasama dengan pihak ketiga dengan menggunakan dana CSR. Mungkin untuk konsep tugunya akan kita sayembarakan," ujarnya.

Editor: Yudha