Polsek Bintan Utara Selidiki Kebakaran Hutan Milik PT SBP Lobam
Oleh : Harjo
Kamis | 15-02-2018 | 13:02 WIB
bakar02.jpg honda-batam
Petugas saat memadamkan kobaran api di lahan PT SBP. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Polsek Bintan Utara mulai bereaksi untuk menyelidiki penyebab kebakaran hutan milik PT Surya Bangun Pertiwi (SBP) Lobam. Pasalnya, hutan tersebut sudah berulang kali terbakar tanpa ketahuan apa penyebabnya.

"Kebakaran lahan tersebut, memang belum diketahui secara pasti apa penyebab atau motifnya, namun kita terus melakukan penyelidikan," tegas Kapolsek Bintan Utara, Kompol H Jaswir kepada BATAMTODAY.COM, di Tanjunguban, Kamis (15/2/2018).

Dijelaskan, sejak Januari hingga pertengahan Februari 2018 saja, sudah puluhan lahan kosong terbakar di wilayah hukum Polsek Bintan Utara. Ada pun titik yang terbakar hampir berada di wilayah Kecamatan Bintan Utara dan Serikuala Lobam.

"Walau pun tidak ada memakan korban jiwa, namun seluruh pihak diharapkan agar bisa melakukan antisipasi. Karena kondisi panas dan angin kencang saat ini, menjadi pemicu semakin cepatnya terjadi kebakaran," harapnya.

Berdasarkan data dari UPT Damkar Tanjunguban, jumlah kebakaran lahan selama Januari sebanyak 4 titik, sementara untuk Februari 2018 atau per (14/2/2018) sudah terjadi kabakaran sebanyak 23 titik.

"Hingga pertengahan Februari 2018 khususnya, kebakaran tercatat sudah terjadi di 23 titik. Artinya setiap hari lebih dari satu titik terjadi kebakaran," terang Panyodi salah seorang petugas Damkar Tanjunguban.

Editor: Gokli