PKP

Tanggapi Komplain Awe Soal Anggaran, Ini Kata Nurdin..
Oleh : Ismail
Rabu | 14-02-2018 | 18:02 WIB
Alias-wello1.gif honda-batam
Bupati Lingga Alias Wello. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri Nurdin Basirun berharap Bupati Lingga Alias Wello jangan terlalu gegabah mengambil keputusan menolak pagu anggaran dari Pemprov Kepri. Menurutnya, Pemprov Kepri saat ini berupaya membagi-bagi secara merata kebutuhan yang dipriorotaskan setiap daerah.

Ia mengatakan, alokasi anggaran yang diberikan Pemprov Kepri ke Kabupaten Lingga itu tidak termasuk untuk bidang pendidikan dan lainnya.

"Kita kan bagi-bagi agar merata. Kan untuk pendidikan ada juga," ungkapnya usai menghadiri kegiatan Festival Pulau Penyengat, Rabu (14/2/2018).

Kendati demikian, Nurdin menambahkan, untuk memastikan secara rinci alokasi anggaran yang dinilai terlalu kecil untuk Kabupaten Lingga, dirinya akan mengecek kebenaran tersebut.

Baca: Bupati Lingga Sangat Kecewa Dapat Anggaran Kecil dari Pemprov Kepri

Sebelumnya, Bupati Lingga Alias Wello mengungkapkan kekesalannya terhadap Pemprov Kepri. Pasalnya, alokasi anggaran yang diberikan Pemprov Kepri untuk Kabupaten Lingga, terutama pembangunan insfrastruktur dinilai terlalu kecil.

Menurutnya, alokasi anggaran sebesar Rp 16 miliar terlalu kecil untuk untuk memback up kegiatan perekonomian yang berbasis empat sektor prioritas unggulan daerah yang akan mengharumkan nama Provinsi Kepri. Terlebih, sebagai penguatan kedaulatan pangan bagi kawasan perbatasan.

"Bagaimana kita mau memacu percepatan pertumbuhan wilayah dan mengundang investor ke Lingga, sementara tidak didukung oleh insfrastruktur yang memadai," katanya.

Pria yang kerap disapa Awe ini sempat meluapkan emosinya dan mengancam menolak seluruh plafon pagu dari Pemprov. "Saya sudah perintahkan Kadis PU Lingga gugat itu hari ini. Kalau perlu, tolak semua plafon pagu dari Provinsi. Silahkan walk out dari forum pembahasan," tegas Awe.

Editor: Dardani