PKP

Harga Tiket Rp 351 Ribu

Kabar Gembira, Maskapai Susi Air Buka Rute Penerbangan Batam-Anambas
Oleh : Alfreddy Silalahi
Selasa | 13-02-2018 | 15:38 WIB
susi-air-letung1.jpg honda-batam
Pesawat Susi Air saat mendarat di Bandara Letung pada Senin (12/2/2018). (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Maskapai Susi Air menambah rute penerbangan baru yakni Batam-Letung-Batam dengan tiket cukup terjangkau Rp 351.000. Hal tersebut untuk memperlancar transportasi dari dan menuju Letung serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Sebelumnya Susi Air ini hanya melayani rute Tanjungpinang-Letung dengan penerbangan satu kali seminggu. Nah sekarang Susi Air berkomitmen menambah rute baru yakni Batam-Letung dengan harga tiket yang s?ama," ujar Kepala Satuan Pelaksana Bandara Letung, Ariadi Widiawan, Selasa (13/2/2018).

Ariadi menambahkan, pada Senin (12/2/2018) kemarin Susi Air telah melakukan penerbangan perdana dengan rute Batam-Letung-Batam. "Untuk rute Batam penerbangan hari Senin, dan rute Tanjungpinang penerbangan hari Rabu," ujarnya.

Ariadi mengakui, untuk meningkatkan pelayanan penerbangan Tanjungpinang - Letung maupun Batam - Letung, pihaknya akan berkoordinasi dengan Wings Air. "Tujuannya untuk menambah moda transportasi udara reguler," jelasnya.

Meski demikian, masyarakat masih terkendala transportasi dari Tarempa menuju Letung maupun Palmatak menuju Letung. Pasalnya, hingga saat ini belum ada moda transportasi yang mendukung pelayaran menuju Letung.

"Kita mengapresiasi adanya penambahan penerbangan Susi Air. Namun disatu sisi masyarakat terkendala untuk memanfaatkan maskapai Susi Air, baik itu dari Tarempa maupun Palmatak. Karena belum ada transportasi laut untuk mendukung ini," ujar Indra.

Indra menjelaskan, jarak tempuh Tarempa ke Letung mencapai 2 hingga 3 jam. Menurutnya, pemerintah harus menyediakan transportasi pendukung ini. "Apalagi kondisi cuaca yang kurang kondusif seperti ini, tentu masyarakat kesulitan menjangkau Letung untuk menggunakan Susi Air," tegasnya.

Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Anambas, Nurman mengakui telah berencana untuk membeli speed yang berbahan aluminium untuk mendukung pengoperasian Bandara Letung.

"Perencanaan sudah ada dengan kapasitas 30 seat dan berbahan aluminium. Namun kita harus berkoordinasi dengan Pak Bupati," timpalnya.

Editor: Yudha