Turunkan 560 Personil Polri dan TNI

Besok, Polres Tanjungpinang Gelar Deklarasi Pilkada Damai di Dompak
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 13-02-2018 | 12:38 WIB
ard02.jpg Kapolda Kepri
Kapolres Tanjungpinang, AKP Ardiyanto Tedjo Baskoro. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Polres Tanjungpinang akan menggelar deklarasi damai menjelang Pilkada 2018 di Dompak, besok, Rabu (14/2/2018) sekira pukul 09.00 WIB.

Kapolres Tanjungpinang, AKP Ardiyanto Tedjo Baskoro mengatakan, pada saat deklarasi damai ini, pihaknya akan mengundang Forum Komunukasi Pimpinan Daerah (FKPD) tingkat I yaitu Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dengan jajarannya serta Kapolda Kepri, Irjen Pol Didid Widjanardi, Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Gabriel Lema dan FKPD tingkat II, yakni Plt. Wali Kota Tanjungpinang dengan jajarannya, Danlanud, Dandim dan Danwing.

"Serta kedua pasangan calon yang tadi sudah kita lihat seperti Lis Darmansyah dengan Maya dengan nomor urut dua serta Syahrul dengan Rahma dengan nomor urut satu, serta ditambah Partai politik baik partai pendukung maupun partai pengusung. Di mana yang masuk verifikasi ada dua partai, ditambah pejabat KPU dan Bawaslu karena ini memang ranah KPU dan Bawaslu sehingga ada peran penting dari mereka," jelas Ardiyanto.

Ardiyanto juga mengatakan, pada saat deklarasi damai tersebut terlebih dahulu membacakan bersama-sama dan tandatangan kesepekatan, yang kemudian dilanjut dengan Sispam terkait kesiapan Polres Tanjungpinang untuk melakukan pengamanan yang diback up oleh Polda Kepri.

"Untuk pasukan yang dilibatkan dari Polres Tanjungpinang 130 personil, selai itu Polda Kepri menurunkan Brimob sebanyak 300 personil, Sabhara 100 personil dan dibantu oleh rekan-rekam kita TNI ada 30 personil," ucapnya.

Sesudah melaksanakan deklarasi damai ini, selanjutnya dilakukan simulasi pengamanan Pilkada bersama, yang dimulai dari tahapan-tahapan awal hingga pemungutan suara.

"Di mana nanti kita melihat bersama dari situasi landai, dari eskalasi meningkat muncul ancaman terhadap keamanan dan ketertiban sehingga ada peranan Polri turun di situ untuk melaksanakan pengamanan yang didukung personil TNI," katanya.

Sementara itu, prasarana seperti kendaraan-kendaraan yang akan diturunkan dalam deklarasi damai ini antaralain kendaraan roda empat, kendaraan dengan kemampuan khusus seperti Baraccuda, Tambora, Water Cannon dan lain sebagainya.

Ardiyanto mengimbau kepada seluruh pendukung dari dua nama calon Wali Kota Tanjungpinang dalam melaksanakan pesta demokrasi ini diharapkan melaksanakannya dengan aman dan tertib.

"Kepada pendukung dua nama calon wali Kota Tanjungpinang, tolong lanksanakaan pesta demokrasi ini dengan aman dan tertib," pungkasnya.

Editor: Gokli