Rayakan Imlek di Macao, dari Parade hingga Kuis Berhadiah Menanti Anda
Oleh : Redaksi
Selasa | 13-02-2018 | 09:38 WIB
macao.jpg Kapolda Kepri
Kota Macao (Sumber foto: Kompas.com)

PERAYAANTahun Baru Imlek selalu disambut dengan meriah oleh orang Cina. Bahkan, tak hanya orang Cina, tidak sedikit masyarakat yang juga menikmati kemeriahan perayaan ini. Jika Anda salah satu masyarakat yang ingin merasakan sensasi keseruan perayaan Tahun Baru Imlek langsung di negerinya, Macao bisa jadi destinasi yang tepat.

Di kota ini, Anda bisa merasakan tradisi Tahun Baru Cina yang spektakuler. Macao menawarkan hiburan yang seru, mulai dari parade, pesta kembang api, pameran, performa dari artis-artis papan atas, sampai dengan permainan mobile. Lalu apa saja yang menjadi bucket list Anda saat mengunjungi Macao bulan Februari ini?

1. Parade for Celebration of the Year of the Dog

Tahun Anjing yang jatuh pada tahun 2018 ini memiliki arti kemakmuran. Oleh sebab itu, Anda akan disuguhi berbagai hiasan anjing saat parade ini berlangsung. Cerita yang diangkat dalam parade ini merupakan adaptasi dari kisah sekumpulan anjing yang berkeliling kota untuk menyebarkan berhak dan harapan kepada penduduknya.

Serunya, parade ini diselenggarakan dua kali, yaitu pada hari ketiga dan hari kesembilan setelah Imlek. Dilaksanakan tepat jam delapan malam, sebanyak 15 float parade telah disiapkan sebagai salah satu pertunjukan utama dalam parade.



Ada 1.000 penari dari 25 kelompok pertunjukan lokal dan 9 kelompok pertunjukan eksternal dari 8 negara dan wilayah akan memeriahkan acara. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, salah satunya tampil di atas panggung di Sai Van Lake Square, sementara yang lainnya akan ikut berparade.

Tak mau ketinggalan, deretan artis Macao dan Hong Kong seperti Kitty Yuen, Fama, Germano Gulherme, Stephen Chan, Rico Leng, Mah Lam, Vivian Chan dan Jason Chan turut memeriahkan acara. Anda bisa berjalan mengikuti parade atau juga duduk di kursi penonton yang ada di Sai Van Lake Square ("The Golden Lunar Feast"), di sepanjang Rua da Torre de Macau ("Family Reunion"), alun-alun di depan Kun Iam Ecumenical Centre ("Good Great Fortune") dan bundaran di depan Macao Science Center("Lucky Stars").

Pada parade pertama, yaitu pada tanggal 18 Februari 2018, pawai dimulai dari Sai Van Lake Square, tepatnya di dekat Macao Tower menuju Avenida Dr. Sun Yat-Sen di Macao Peninula dan berujung di Macao Science Center.



Sementara parade kedua, yaitu pada tanggal 24 Februari 2018, pawai berlangsung di Avenida do Conselheiro Borja, Estrada do Arco, Estrada da Areja Preta, Avenida de Venceslau de Morais, Rua Quatro do Bairro da Areia Petra, Avenida da Longevidade, Rua do Mercado de Iao Hon sampai titik akhir di Iao Hon Market Garden.

Tak perlu bingung saat pawai berlangsung, Macao Government Tourism Office pun telah mengoperasikan layanan bis antar-jemput gratis di sekitar lima rute acara dan berbagai distrik di Macao Peninsula, Taipa, dan Coloane. Namun, apabila Anda tidak memungkinkan untuk menyaksikan acara secara langsung, pemerintah juga telah memasang layar LED di beberapa lokasi berbeda agar turis bisa dengan mudah menikmati keseluruhan rangkaian acara.

2. Monkey King

Masih ingat serial Kera Sakti? Jika Anda penggemar serial ini, pastinya pertunjukan Monkey King harus ada dalam list. Kisah yang merupakan adaptasi dari novel fantasi A Journey to the West, menampilkan aksi Kera Sakti dan biksu Cina Xuan Zang dari Dinasti Tang.



Pementasan ini menampilkan efek 3D, proyeksi layar LED, video mapping, efek suara serta pencahayaan yang canggih. Anda pun akan dibuat terpikat dengan patung Buddha raksasa setinggi 15 meter yang memiliki berat tujuh ton.

Selain itu, Anda juga akan menyaksikan sentuhan tradisional Cina lainnya yang dilengkapi dengan efek-efek spesial yang luar biasa. Monkey King Show kaya akan budaya sehingga sangat dinanti-nantikan oleh turis Eropa yang ingin melihat langsung hasil karya kreatif seniman Macao yang bercampur dengan teknologi unik.

3. The House of Dancing Water

Pernah menyaksikan pertunjukan teater dengan atraksi air yang luar biasa? Di The House of Dancing Water Anda akan disuguhkan pemandangan teater 270 derajat dengan atraksi memukau. Dengan menyaksikannya, Anda akan dibawa masuk ke dalam cerita yang sedang dimainkan.

Selain ketiga pertunjukan yang harus Anda saksikan saat liburan Imlek di Macao, Anda juga bisa mengunjungi Macau Fisherman's Wharf, yang berada di Macao Peninsula, Anda bisa menikmati kompleks taman hiburan dengan bangunan-bangunan yang memiliki arsitektur Eropa era Renaissance. Dan, ada juga bagian taman lain yang mengadaptasi arsitektur Babilonia seperti bangunan-bangunan di cerita Arabian Nights. Cocok banget kalau Anda pengin dapet foto yang Instagrammable.



Nah, sekarang segera tentukan harinya dan siapkan koper Anda untuk menjelajah Macao #ExperienceMacaoChineseNewYearStyle!

Sumber: Kompas.com
Editor: Udin