Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Fitur Microsoft Resume Assistant Bikin Penulisan CV Kini lebih Mudah
Oleh : Redaksi
Sabtu | 10-02-2018 | 14:50 WIB
cv1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menulis resume atau curriculum vitae (CV) menjadi hal yang menjemukan bagi pencari kerja. Sebab, mereka perlu memilah pengalaman terbaik agar memberi kerja memilih mereka sebagai karyawan.

Saking merepotkannya, sejumlah pekerja bahkan enggan pindah dari kantor mereka lantaran malas menulis CV. Ini tentunya berakibat pada kinerja di kantor tempat mereka bekerja saat ini.

Menanggapi kekhawatiran tersebut, Microsoft merilis fitur Resume Assistant. Bekerja sama dengan laman profil profesional Linked-In, fitur ini dapat mempermudah pengguna membuat resume atau CV-nya.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilah informasi penting yang dibutuhkan CV-nya. Melalui jaringan profesional yang dimiliki Linked-In, pengguna dapat melihat contoh bagaimana pekerjaan yang pernah mereka geluti dideskripsikan.

Resume Assistant juga memberikan rekomendasi kemampuan yang harus dimiliki untuk melamar pekerjaan impian. Misalnya, ketika pengguna ingin melamar kerja sebagai Brand Manager, maka kemampuan mengenai digital marketing perlu dimasukkan.

Dengan begitu, para pencari kerja tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengedit resume- nya. Cukup mengikuti pola dan saran yang ada, CV berkualitas langsung bisa dimiliki.

Dikutip Kompas.com dari Engadget Kamis (8/2/2018), fitur ini bakal tersedia pada versi Office 365.

Meski bekerjasama dengan Linked-In, pengguna tidak harus memiliki akun di media profesional tersebut. Selama produk Office yang digunakan sesuai, pengguna masih bisa menikmati fitur ini.

Berdasarkan informasi yang tertulis blog resmi Linked-In, fitur ini diklaim lebih ekonomis. Sebab, hampir semua informasi yang diperlukan oleh para pencari kerja bisa dimuat dalam selembar kertas.

Sebelumnya, sebuah profil profesional memerlukan berlembar-lembar kertas lantaran banyaknya pengalaman kerja yang dilalui. Pemberi kerja butuh waktu lama untuk melihat satu buah CV. Alhasil, CV pencari kerja berakhir di tempat sampah.

Keistimewaan Resume Assistant tidak hanya sampai di situ. Ketika perangkat pengguna yang sedang membuka resume terkoneksi internet, akan muncul pemberitahuan secara otomatis mengenai informasi lowongan pekerjaan melalui taskbar.

Sayangnya, fitur ini sementara hanya dapat digunakan oleh Microsoft Word dengan pengaturan Bahasa Inggris. Selain itu, ketersediaannya juga masih terbatas di sejumlah negara seperti Australia, Brasil, Kanada, China, India, Jepang, Selandia Baru, Singapura, dan Amerika Serikat.

Untuk negara di luar daftar atau fitur berbahasa lain, termasuk Indonesia, kemungkinan butuh waktu sedikit lebih lama.

Sumber: Kompas.com
Editor: Yudha