Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 4 Cara Agar Kesehatan Mata Tetap Terjaga
Oleh : Redaksi
Sabtu | 10-02-2018 | 14:02 WIB
mata11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

ilustrasi mata

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Masalah terhadap mata akhir-akhir ini semakin banyak terjadi. Masalah yang ditimbulkan pun beragam, namun kebanyakan diakibatkan oleh pola hidup yang salah.

Padahal, mata merupakan salah satu panca indera yang paling penting dan dibutuhkan untuk mendukung aktivitas kita sehari-hari.

Oleh karena itu, dilansir dari Real Simple, sejumlah dokter dari New York Eye and Ear Infirmary of Mount Sinai, di New York City telah menyarankan sejumlah kebiasaan ini agar kondisi mata selalu terjaga.

Berikut ini beberapa tipsnya.

1. Gunakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan
Sinar ultraviolet (UV) tak hanya dapat membakar kulit namun juga dapat merusak mata. Paparan sinar UV mampu mengakibatkan katarak, penebalan jaringan mata, hingga kanker kulit di sekitar mata.

Untuk terhindar dari kondisi tersebut biasakan untuk melindungi mata terhadap matahari dengan mengenakan kacamata khusus. Lensa UVA dan UVB akan mengurangi risiko tersebut.

2. Gunakan lensa kontak yang aman dan nyaman
Bagi kita yang mengenakan lensa kontak, biasakanlah menggunakan lensa kontak yang sesuai dengan kebutuhan. Terlebih biasakan memakai dan meletakkan lensa kontak dengan cara yang bersih.

Pemakaian lensa yang tidak benar menyebabkan keratitis atau peradangan mata pada kornea.

3. Jaga jarak saat melihat sinar
Saat menatap benda dengan cahaya yang terang, kita perlu menjaga penglihatan dengan jarak yang jauh untuk keamanan mata. Laser dan matahari akan merusak penglihatan mata dengan mudah.

4. Hindari menggosok mata
Menggosok mata dengan sangat kuat dapat menyebabkan kulit halus di sekitar mata meregang.
Hal ini juga mampu menyebabkan abrasi kornea dan menyebabkan distorsi visual.

Distorsi visual di mana penglihatan selalu seperti melihat lingkaran cahaya yang tajam, yang membuat penglihatan menjadi tidak normal.

Sumber: Nova.id
Editor: Yudha