PKP

Jabat Tangan Pemimpin Korut-Korsel di Olimpiade jadi Momen Bersejarah
Oleh : Redaksi
Sabtu | 10-02-2018 | 09:46 WIB
jabat-tangan-pemimpin-koesel-dan-korit.jpg honda-batam
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berjabat tangan dengan adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong, di upacara pembukaan Olimpiade Pyeongchang. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

BATAMTODAY.COM, Korsel - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berjabat tangan dengan Kim Yo-jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, pada upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Jumat (9/2/2018).

Moon menyambut sejumlah pemimpin dunia, termasuk Kim Yo-jong dan Kim Yong-nam, kepala delegasi Korea Utara.

Kim Yo-jong adalah anggota dinasti pemimpin Korut pertama yang mengunjungi Korsel sejak perang Korea berakhir dengan gencatan senjata pada 1953 lalu.

Mereka tiba di Korsel siang tadi, menggunakan jet pribadi Kim Jong-un.

Pesawat putih itu dihiasi tulisan Republik Rakyat Demokratis Korea, nama resmi Korea Utara, yang tertulis dengan huruf hitam berbahasa Korea, diikuti bendera kebangsaannya.

Kim Yo-jong dan delegasinya disambut oleh para pejabat pemerintah, termasuk Menteri Unifikasi Cho Myong-gyon, sebelum berangkat ke Pyeongchang menggunakan kereta peluru.

Sementara peristiwa bersejarah ini berlangsung, Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence justru menghindari kemungkinan bertemu dengan para pejabat Korut.

Upacara yang dipimpin Moon di Pyeongchang ini adalah puncak upaya Seoul yang selama berbulan-bulan ini ingin meredakan ketegangan akibat ambisi senjata nuklir Korut.

Sebelum upacara dimulai, media Korea Selatan menyebut Pence diperkirakan bakal duduk di hadapan Kim Yong-nam di meja yang ditempati oleh 12 orang.

Walau demikian, kantor kepresidenan Korsel menyatakan Pence sudah mempunyai jadwal bertemu para atlet AS dan hanya berencana hadir di upacara pembukaan untuk menyapa para pejabat lain.

Sumber: CNN
Editor: Udin