Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Minta Tambahan Kursi, PKB Usulkan Muhaimin Jadi Pimpinan DPR atau MPR
Oleh : Irawan
Rabu | 07-02-2018 | 15:38 WIB
Muhaimin_Iskandar3.gif Honda-Batam

PKP Developer

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menegaskan, penambahan kursi untuk Pimpinan DPR dan MPR hanya perlu penambahan satu untuk PDIP selaku pemenang pemilu 2014 lalu.

Namun, perkembangannya Partai Gerindra, PKB dan PKS juga meminta jatah satu kursi di DPR dan MPR seperti PDIP.

PKB mengusulkan nama ketua umumnya, Muhaimin Iskandar sebagai Pimpinan DPR atau MPR. Muhaimin sendiri pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPR Periode, yakni Periode 1999-2004 dan 2004-2009. Setelah itu, Muhaimin Iskandar diangkat sebagai Menakertrans pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Wakil Ketua Komisi II DPR FPKB, Lukman Edy, mengatakan apa yang diharapkan fraksinya perlu diwujudkan. Apalagi Cak Imin sapaan akrab Muhaimin Iskandar, layak untuk menjadi Pimpinan DPR atau MPR.

"PKB layak. Apalagi yang kita ajukan Pak Muhaimin. Kurang kapasitas apa lagi? Baik di DPR maupun MPR. Cak Imin merupakan sosok yang tepat untuk mengisi kursi pimpinan di DPR. Beliau dapat memperkuat kepemimpinan DPR melalui pengalamannya.," tegas Lukman Edy, Rabu (7/2/2018).

Menurut calon gubernur Riau itu, Muhaimin figur paling lengkap pengalamannya. Sehingga dirinya yakin Cak Imin bisa memperkuat performance DPR. "Kalau tidak, ya berat juga melihat performance DPR saat ini," ujarnya.

Karena itu kata Lukman, penambahan pimpinan harus memiliki alasan yang jelas. Salah satunya adalah beban kerja di DPR yang bertambah. Maka, yang penting idealnya dulu seperti apa?

"Urusan penambahan kan tidak bisa berdasarkan pertimbangan pragmatis, tapi idealis. Kalau ada kebijakan penambahan pimpinan, ya alasannya harus jelas. Misalnya beban kerja yang bertambah dan sebagainya," pungkasnya.

Editor: Surya