Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dwi Ria Latifa Lakukan Rapat Dengar Pendapat dengan Masyarakat Tanjunguma
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 07-02-2018 | 10:38 WIB
ria-dwi-latifa.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Anggota DPR RI, Dwi Ria Latifa, melakukan kunjungan kerja serta rapat dengar pendapat dengan masyarakat Tanjunguma, Kota Batam (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota DPR RI, Dwi Ria Latifa, melakukan kunjungan kerja serta rapat dengar pendapat dengan masyarakat Tanjunguma.

Bertempat di depan Kantor Lurah Tanjunguma, kegiatan ini bertemakan, 'Arah dan tahapan pembangunan bidang ketahanan Nasional dan tata kelola pemerintah', Rabu (7/2/2018).

Menurut Ria, ada keterkaitan antara tujuan nasional, ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan dalam pembangunan. Tujuan nasional tidak akan bisa dicapai bila tidak ada ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan yang baik.

"Ketahanan nasional pun tidak akan terwujud bila tidak ada tata kelola pemerintahan yang baik," ungkap Ria, dalam sambutannya.

Ditambahkan, suatu tata kelola pemerintahan yang baik setidaknya memenuhi unsur transparansi dan akuntabilitas.

Saat ini telah terdapat upaya untuk membangun tata kelola pemerintahan yang baik dapat dilihat dari adanya beberapa peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan untuk mendukung terciptanya suatu tata kelola pemerintah yang baik.

Di antaranya, Undang-undang nomor 30 tahun 2014 tentang administrasi pemerintahan dan UU nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan UU nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

"Saya mengingatkan agar jangan sampai Indonesia menjadi negara gagal sebagaimana negara lainnya karena ketidakmampuan dalam mengelola tata pemerintahanan secara baik dan dalam mengelola sumber-sumber ketahanan nasional yang mereka miliki, seperti sumber daya alam dan sumber daya manusia," lanjutnya.

Ia juga menekankan agar pemerintah perlu senantiasa meningkatkan pembangunan sumber daya manusia karena sumber daya manusia ini adalah salah satu bagian penting dari unsur pembentukan ketahanan nasional.

Dengan terlaksananya pembangunan sumber daya manusia yang sesuai, maka tentunya hal ini akan memiliki dampak positif terhadap upaya pembangunan tata kelola pemerintahan yang memerlukan individu-individu yang berkualitas, baik secara moral maupun intelektual dan sehat jasmani maupun rohani.

"Hal ini sangat perlu diketahui masyarakat, sehingga bisa memahami bagaimana dan apa yang dilakukan pemerintah," pungkasnya.

Editor: Udin