Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Manfaat Mengangkat Wiper saat Mobil di Parkir
Oleh : Redaksi
Selasa | 06-02-2018 | 14:14 WIB
wiper1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wiper mobil diangkat saat perkir lama. (Foto: Metrotv)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wiper adalah salah satu perangkat mobil yang paling berguna saat kondisi hujan. Karena perangkat ini berfungsi untuk menyapu air hujan di kaca agar tidak mengganggu jarak pandang.

Agar tidak bermasalah saat digunakan, terutama saat musim hujan seperti saat ini, wiper juga harus selalu dirawat. Karena seperti beberapa perangkat lainnya, wiper juga bisa aus seiring masa pemakaian.

Di tengah masyarakat cukup sering ditemui wiper yang diangkat saat posisi tengah diparkir lama, terutama parkir di area terbuka. Tujuannya menjaga agar karet wiper tidak terkena panas dari kaca yang terpapar sinar matahari.

Dealer Techical Support Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menilai wiper sebenarnya sudah dirancang untuk bisa menahan panas dari kaca mobil. Namun Didi tidak menyalahkan apabila memang ada pemilik mobil yang mengangkat wiper saat memarkirkan kendaraannya.

"Sebenarnya wiper sudah didesain seperti itu. Tapi memang biasanya diangkat tujuannya supaya karet tidak mengeras," kata Didi kepada Kompas.com, Senin (5/2/2018).

Menurut Didi, diangkat atau tidaknya wiper saat parkir tidak mempengaruhi anjuran masa pergantian. Sebab dari Toyota sendiri, kata dia, dianjurkan untuk mengganti wiper setiap enam bulan sekali. Menurut Didi, pergantian wiper tidak tergantung dari jarak tempuh kendaraan.

"Menurut saya setiap enam bulan sekali lah diganti. Dan kalau sudah rutin diganti, tidak diangkat saat parkir juga tidak apa-apa," ujar Didi.

Sumber: Kompas.com
Editor: Yudha