Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banyak ASN Bintan Jadi Timses di Pilwako Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 05-02-2018 | 10:50 WIB
fgd01.jpg Honda-Batam
(Ki-ka) Ketua KPU Tanjungpinnag, Robby Patria, Panwaslu M. Zaini, Kaban Kesbangpol Bintan Karya Herman dan Kasat Intelkam Polres Tanjungpinang AKP Monang Silalahi. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengungkap aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Bintan yang berdomisili di Kota Tanjungpinang rawan terlibat politik praktis.

Kepala Kesbangpol Bintan, Karya Herman menyampaikan, dari data yang mereka miliki, sejumlah ASN Pemkab Bintan yang tinggal di Tanjungpinang terlibat menjadi tim sukses salah satu pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang.

"Oleh karena itu, kami meminta wartawan dan jurnalis dapat membantu pemerintah, untuk memonitor dan melaporakan jika menemukan ASN Bintan yang ikut berpolitik praktis atau sebagai tim sukses," ujarnya pada Forum Diskusi Group (FGD) Jurnalis Pemilu yang digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Tanjungpinang di Hotel Pelangi, Sabtu (3/2/2018).

?Ia menambahakan, Pemerintah Kabupaten Bintan akan terus memonitor para ASN yang bermukim di Tanjungpinang untuk menjaga netralitas dan mengesampingkan kehidupan personal serta mengedepankan kepentingan publik.

"ASN memang memiliki hak suara untuk memilih, tetapi dilarang terlibat sebagai tim sukses Paslon," ujarnya.

Karya Hermawan juga mengingatkan, bagai ASN yang ketahuan ikut serta berpolitik praktis dan menjadi salah satu Timses pada Paslon, akan diberikan tindakan tegas sesuai dengan kode etik dan UU ASN.

Di tempat yang sama, Ketua Panwaslu Kota Tanjungpinang M Zaini mengatakan, Panwwaslu Kota Tanjungpinang sangat berkepentingan besar dengan Media dan wartawan di Tanjungpinang, dalam melaksnaakan kontrol sosial dan pengawasan serta wadah informasi edikatif pada setiap pelaksaanaan demokrasi.

"Dengan keberadaan media dan wartawan setiap Informasi pelanggaran, baik terhadap penyelenggara, pelaksana, pengawas dan kandidat pada Pilkda akan termonitor," ujarnya.

M.Zaini juga menambahkan, Media sangat berperan dalam mengedukasi serta memberikan informasi bagi masyarakat. Hingga dalam pelaksanaan Pilkada, Media juga menjadi ujung tombak pengawasan.

"Kami mengharapakan selain sebagai ujung tombak pengawasan, Media di Tanjungpinang dapat menjadi media edukasi dan sosialisasi," katanya.

Editor: Gokli