PKP

Li Chun, Hari Menguntungkan Bagi Masyarakat China di Singapura
Oleh : Redaksi
Minggu | 04-02-2018 | 19:30 WIB
li_chung.jpg honda-batam
Orang-orang antre di luar bank OCBC di Waterway Point, Singapura, Minggu (4/2/2018). (Foto: Straits Times)

BATAMTODAY.COM, Singapura - Antrean panjang mengular di beberapa bank dan mesin setor tunai pada hari Li Chun di Singapura, yang dianggap sebagai hari menguntungkan bagi masyarakat China yang jatuh pada Minggu (4/2/2018).

Dilansir dari Straits Times, banyak orang menyakini menyetor uang pada Li Chun, yang dikenal sebagai Hari Tani, dapat membantu menumbuhkan kekayaan dan memastikan keberuntungan di tahun baru.

Antrean terlihat di Waterway Point, di Punggo, Central Tampines dan Bedok Town Centre sejak pagi hari, dengan beberapa orang berpakaian warna merah.

Menurut tradisi yang telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir, sangat penting untuk menyimpan uang pada waktu yang tepat sesuai dengan zodiak China seseorang.

Misalnya, hari tertentu akan menjadi hari paling beruntung bagi mereka yang lahir di tahun Macan, Naga, Ular, Kambing, dan Anjing, antara pukul 11.00 hingga 23.59, untuk menyimpan uang.

Tak hanya itu, dalam tabel yang berisi tentang jadwal yang dianggap memberi keberuntungan berdasarkan shio, juga menuliskan waktu-waktu yang tidak baik untuk menyetor uang.

Tahun ini, sebagian masyarakat telah beralih ke teknologi untuk mengatasi antrean bank. Mereka memilih memasukkan uang ke dompet elektronik.

Beberapa bank di Singapura bahkan menawarkan hadiah bagi masyaralat yang menyimpan uang di dompet elektronik.

Ada juga bank yang mempromosikan bunga menarik bagi nasabah yang memiliki jumlah setoran minimum 18.000 dollar Singapura atau Rp 183 juta.

Li Chun biasanya jatuh antara 3 hingga 18 Februari dan menandai musim semi di kalender China.

Secara tradisional, Li Chun merupakan hari penting bagi petani di China kuno untuk berdoa meminta panen yang baik.

Editor: Surya