PKP

Anda Sulit Kendalikan Amarah? Coba Deh Konsumsi 7 Makanan Ini
Oleh : Redaksi
Sabtu | 03-02-2018 | 15:14 WIB
ilustrasi-emosi1.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sering marah tanpa sebab atau saat ini emosi kita sedang tak bisa dikontrol? Terkadang mudah untuk memahami atau menghancurkan akar penyebab kemarahan saat datang dari orang lain.

Namun, sangat sulit mengendalikannya jika berasal dari diri sendiri. Kemarahan juga menyebabkan ledakan emosi dan perilaku bermusuhan.

Kita juga bisa memilih makanan tertentu yang bisa menjinakkan kemarahan kita. Dilansir dari laman Boldsky, berikut adalah daftar makanan yang membantu mengelola tingkat emosi dan kemarahan kita.

1. Pisang
Pisang mengandung dopamin yang meningkatkan mood kita dan juga merupakan sumber vitamin A, B, C dan B6 yang kaya, yang membantu sistem saraf. Pisang juga memiliki magnesium, yang dikaitkan dengan memberikan mood positif.

2. Cokelat Gelap
Mengonsumsi cokelat hitam akan meningkatkan otak untuk melepaskan endorfin dan meningkatkan kadar serotonin. Selain itu, membantu mengembangkan lebih sedikit hormon stres dan menurunkan tingkat kecemasan.

3. Kenari
Kenari mengandung asam lemak omega-3, vitamin E, melatonin dan antioksidan, yang sangat membantu otak manusia.

Ini menawarkan campuran faktor penguat mood dari asam lemak omega-3, triptofan dan vitamin B6. Jadi, konsumsi kenari yang tidak hanya akan meningkatkan kebahagiaan Anda tapi juga akan membantu meredakan amarah.

4. Kopi
Kopi memiliki sejumlah neurotransmitter yang terkait dengan mood control dan juga dapat menurunkan risiko kecemasan.

Minum secangkir kopi bisa mengurangi kemarahan kita, karena bertindak sebagai mekanisme di otak yang mengaktifkan sel induk otak untuk menghasilkan neuron baru.

5. Ayam
Ayam merupakan sumber asam amino kaya yang disebut tryptophan, yang berperan besar dalam meningkatkan mood. Ayam juga mengandung asam amino lain yang disebut tyrosine, yang mengurangi gejala depresi.

Sertakan ayam dalam makanan kita lebih sering untuk mengurangi kemarahan kita.

6. Teh Chamomile
Menghirup teh chamomile akan membantu sistem saraf kita menjadi rileks dan tenang. Ini mengandung antioksidan dan flavonoid yang memiliki efek menenangkan pada tubuh kita.

Minum teh chamomile tiga kali dalam sehari membantu mengatur kemarahan kita.

7. Kentang panggang
Kentang kaya akan karbohidrat dan vitamin B, yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah dan menurunkan tingkat stres kita.

Kentang panggang sangat bermanfaat dalam mengendalikan kemarahan dan kesehatan mental kita.

Sumber: Nova.id
Editor: Yudha