Pembangunan Telah Rampung, Puskesmas Tanjunguncang Segera Beroperasi
Oleh : Yosri Nofriadi
Kamis | 01-02-2018 | 15:26 WIB
puskesmas-tjuncang1.jpg Kapolda Kepri
Bangunan mewah Puskesmas Tanjunguncang segera beroperasi. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puskesmas Tanjunguncang yang dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam di Simpang Rusunawa sudah rampung dan rencananya akan segera beroperasi di bulan Februari ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan perlengkapan dan petugas medis untuk ditempatkan di puskesmas tersebut. "Tanggal 12 Februari sudah soft opening. Dalam bulan ini sudah bisa beroperasi," ujar Didi, Kamis (1/2/2017).

Untuk tahap awal Puskesmas tersebut akan ditangani petugas medis dari puskesmas terdekat lainnya. Itu karena petugas medis tetap di sana belum ditentukan. "Yang penting segera beroperasi. Petugas tetapnya akan segera kami pikirkan," kata Didi lagi.

Begitu juga dengan perlengkapan medis, kata Didi, jika masih ada kekurangan maka pihaknya akan meminjam perlengkapan medis dari puskesmas terdekat.

"Belum langsung komplit semuanya. Makanya untuk permulaan ini belum bisa terima pasien rawat inap. Nanti kalau petugas dan peralatan sudah lengkap semua baru bisa (terima pasien rawat inap)," kata Didi.

Seperti diketahui pertengahan tahun 2017 lalu, Pemko Batam mengucurkan anggaran sekitar Rp 6 miliar untuk membangun Puskesmas tersebut. Gedung Puskesmas tersebut dibangun oleh PT Putera Lingga selaku pihak kontraktor dan akhir tahun 2017 sudah rampung. Saat ini gedung Puskesmas berlantai dua tersebut sudah berdiri kokoh dan megah.

Editor: Yudha