PKP

Cafe Diamond di Alexandria Batam Center Hadirkan Surabi 'Zaman Now'
Oleh : Suci Ramadhani
Selasa | 30-01-2018 | 12:14 WIB
surabi01.jpg honda-batam
Inilah surabi zaman now ala Cafe Diamon di Perum Alexandria Batam Center . (Foto: Suci Ramadhani)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tak hanya lifestyle, tetapi makanan juga mengikuti zaman agar bisa diterima oleh banyak orang. Bahkan makanan tradisional juga dimodifikasi agar dibilang makanan kekinian di 'zaman now'.

Owner Cafe Diamond Surabi, Muhammad Fajri menjelaskan, Cafe Diamond Surabi menyajikan varian rasa surabi. Di zaman sekarang tidak ada yang tidak tahu dengan kuliner Surabi.
Dimulai dari daerah Solo hingga Sumatera Barat, tetapi berbeda dari surabi tradisional yang menggunakan kuah santan dengan gula merah. Surabi Bandung yang lebih dahulu memodifikasi surabinya.

"Surabi khas Bandung ini sudah mengikuti zaman kekinian, Surabi Bandung sudah ada yang tidak menggunakan kuah tetapi kering. Dari pakai keju, cokelat atau durian, oreo dan masih banyak lagi varian rasa yang kami sajikan," kata Muhammad Fahri, Selasa (30/1/2018).

Surabi yang menggunakan adonan tepung, kelapa dan santan, terasa begitu gurih walaupun belum diberikan toping atau kuah lainnya. Surabi juga pada biasanya menggunakan cetakan yang berasal dari tanah liat.

"Kalau pakai cetakan surabi dari tanah liat tingkat kematangan pas, lebih wangi juga. Kalau di rumah tidak ada, bisa gunakan cetakan dari besi yang banyak dijual di pasaran. Dalam satu tempat itu ada empat atau dua cetakan. Ukuran tidak terlalu besar," ujarnya.

Surabi yang gurih sangat nikmat saat hangat. Selain itu dengan menambahkan cokelat serta keju, surabi memiliki rasa yang berbeda. Tidak hanya manis melainkan juga ada rasa asin dari keju, telur dan abon, terutama dalam surabi terdapat parutan kelapa yang membuat wangi, gurih pada tekstur surabi yang cenderung lembut.

"Kalau mau surabi enak itu pakai air daun pandan. Adonan tidak boleh encer, ukuran api tidak besar dan dalam adonan ada kelapanya," paparnya.

Untuk harga, Cafe Diamond Surabi membandrol Rp10 ribu - Rp18 ribu. Ini, bisa didapat mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB di Perumahan Alexandria blok B1 nomor 17, Batam Center.

Editor: Gokli