Resep Nasi Goreng Daging Kambing Kekinian Ala King Sate Batam
Oleh : Suci Ramadhani
Rabu | 24-01-2018 | 14:38 WIB
nasgor-daging-kambing1.jpg honda-batam
Nasi goreng daging kambing di King Sate Pelita. (Foto: Suci)

BATAMTODAY.COM, Batam - Nasi goreng yang kini menjadi perbincangan adalah nasi goreng kambing. Nasi goreng kambing tentu adalah perpaduan antara nasi goreng dengan gulai kambing.

"Nasi goreng ini paduan antara daging kambing dengan bumbu gulai karinya. Jadi kambing dimasak dengan bumbu gulai baru dimasukan nasinya sampai bumbu meresap," kata Jimmy, owner King Sate Batam di Jalan Teuku Umar, Pelita, Rabu (24/1/2018).

Nasi goreng kambing perpaduan cita rasa daerah timur karena terdapat bumbu karinya. Ditambah dengan rempah-rempah yang membuat bau amis dari kambing hilang. Rasa empuk dari daging kambing juga dipengaruhi dari potongan daging yang tidak terlalu besar.

"Tingkat kematangannya harus pas. Supaya bumbu bisa meresap pada nasinya. Daging kambing juga harus dalam keadaan segar. Tidak bisa gulai kambing yang langsung pakai, karena rasa akan berubah," kata Jimmy.

Hidangan nasi goreng kambing ini semakin lengkap dengan acarnya. Pelengkap yang tidak bisa ketinggalan dari nasi goreng ini adalah emping yang terasa garing dan gurih.

"Tips enaknya itu kalau bisa buat merebus dagingnya dengan bumbu nasi gorengnya. Dan bisa ketutup bau amis dari bumbu karinya," Intan, pemilik dari King Sate pula.

Bahan:
- 2 siung bawang putih
- 5 bawang merah
- Jintan secukupnya
- 2 biji Cengkeh
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1 sdm bubuk kari
- 1 btg Kayu manis
- 1/2 sdm ketumbar
- 50 gram daging kambing potong kecil-kecil
- 3 porsi piring nasi

Cara Pembuatan:
1. Semua bumbu dihaluskan kecuali kayu manis
2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukan daging
3. Setelah diaduk sebentar, masukan air. Lalu masukan kayu manis. Masak hingga daging empuk, dan bisa menambahkan air sampai daging empuk
4. Setelah daging empuk dan kuah mengering, masukan nasi dan aduk hingga rata.
5. Hidangkan bersama acar dan emping

Editor: Yudha