Fisherism Tanjungriau Hadirkan Makanan Paling Enak se-Dunia
Oleh : Redaksi
Rabu | 24-01-2018 | 13:02 WIB
umkm.jpg honda-batam
Ibu-ibu UMKM yang menggelar stand di Fisherism Tanjungriau, Kota Batam. (Dok BP Batam)

BATAMTODAY.COM, Batam - BP Batam sedang mengembangkan beberapa objek wisata di Batam, salah satunya Fisherism Tanjungriau, Kota Batam.

Menurut Kasubdit Pemanfaatan Sarana BP Batam, Irfan Widyasa, BP Batam menggandeng pelaku UMKM di Batam sebagai salah satu pendukung wisata Fisherism Tanjungriau. Pelaku UMKM Batam diberi kesempatan untuk berkembang di sana.

"Pada tanggal 22 dan 23 Januari 2018, digelar stand UMKM berbarengan dengan kunjungan anak-anak sekolah dan ibu-ibu PKK. Ini adalah langkah kongkrit BP Batam sesuai hasil sosialisasi ke UMKM awal Januari 2017," kata Irfan kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (24/1/2018).

Produk UMKM yang berpartisipasi punya banyak sekali varisasi dan keunikan. Misalnya ada produk tas wanita dari bahan pandan. Kemudian cake dari tape yang masih langka di Batam, ada juga yang mengkreasikan aneka cemilan dari oat/gandum.

Nah, UMKM tersebut juga menyediakan berbagai menu sarapan box yang enak rasanya, tampilannya menarik, kemasannya juga unik. Misalnya kemasan ala bento ternama dan ada juga kemasan full dari daun dipincuk. Namanya kemasan naik daun.

Rapat-rapat di kantor pemerintahan termasuk BP Batam yang membutuhkan makan siang bisanya berupa nasi kotak. Bisa jenuh juga melihatnya. Snack box UMKM bisa jadi alternative.

Ada juga UMKM produk bunga hias dari kain katun. Bahannya tidak mahal, membuatnya tidak rumit, hasilnya Wah. Cocok sekali untuk dekorasi rumah, kantor, cafe, untuk property selfie-selfie sangat instagramable.

Mengenai kelezatan, siapa yang tidak kenal rendang. Menurut CNN, rendang adalah makanan paling enak peringkat 1 di dunia. Mengalahkan Sushi (3), Tom Yam (4), Dim Sum (7), Bebek Peking (9), Lasagna (11).

Di fisherism makanan tersebut tersedia dalam berbagai sajian. Ada rendang basah, rendang kering, rendang suir dan rendang sayur. Tinggal bawa nasi putih dari rumah, praktis.

Travel jaman NOW. Travel makan mie instan sudah biasa. Sekarang bisa travel dengan menu mewah. Murah. Praktis. Rendang I like it.

Ada juga produk cake brownies. Yang merupakan kue yang umum dan biasa ditemui dimana saja. Tapi cake brownies Ibu-ibu UMKM bukan cake sembarangan dan rasanya sangat enak. Sebanding dengan brownies-brownies ternama dari Bandung, lanjut Irfan.

Sebagai oleh-oleh tersedia juga tshirt khas fisherism dan agromarina. Lalu ada juga souvenir kuda-kudaan dari besi yang terkesan antik. Sangat cocok untuk dekorasi rumah, kantor, cafe, dan obyek selfie yang instagrammable.

BP Batam terus mendukung partisipasi UMKM dalam berbagai program. Tujuannya untuk mengoptimalkan asset-asset BP Batam sekaligus memberi peluang pemberdayaan UMKM.

Deputi 4 BP Batam, Mayjen TNI Eko Budi Soepriyanto mengatakan, partisipasi UMKM bukan hanya untuk aspek sosial. BP Batam memandang UMKM sebagai salah satu kunci keberhasilan pengembangan pariwisata. "Akan lebih kokoh pondasinya. Lebih sustain. Kalo banyak yang berpartisipasi, keroyokan, yakin tujuan-tujuan besar akan lebih cepat tergapai," pungkas Eko.

Sementara itu, Direktur Promosi dan Humas, Andiantono merasa yakin fisherism ini akan menjadi andalan baru BP Batam dalam meraih target 2 tahun pertumbuhan 7 persen.

"Belum dibuka saja sudah ramai begini, apalagi nanti kalau sudah resmi dan lengkap amenitiesnya seperti kios, cafe, dan wahana-wahana edukasi lainnya," kata Andiantono.

"Fakta bahwa tempat ini menarik generasi muda merupakan bukti bahwa fisherism ini akan menjadi tempat destinasi baru yang bakalan mampu bertahan karena digandrungi generasi jaman NOW," ungkapnya penuh optimisme.

Editor: Gokli