Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bisnis Barbershop Kian Booming di Batam
Oleh : Suci Ramadhani
Senin | 22-01-2018 | 14:38 WIB
barbershop1.jpg Honda-Batam
Starsbox Barbershop Penuin. (Foto:Suci)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bisnis Barbershop dahulunya tidak di pandang orang, namun sekarang usaha ini tentu sangat trend di era digital saat ini. Tidak heran jika barbershop banyak dibuka oleh kalangan anak muda yang ingin mencoba berbisnis.

Rizky Kurniadi, selaku pemilik dari Starsbox Barbershop Penuin menjelaskan awal memulai bisnis yang digulutinya yang pertama dilakukan, komitmen untuk siap bersaing serta mental siap untung dan siap rugi.

"Dalam membuat bisnis jaman now jangan lagi mengedepan modal uang. Tetapi jadikan ide, konsep, atau gagasan adalah sebuah titik awal untuk selanjutnya dibuat bisnis plan dan to do action," katanya pada Senin, (22/1/2018).

Rizky juga menambahkan bahwa selain ide dan konsep bisnis, tentunya kita harus paham dan terus belajar tentang bisnis yang dinamis, how to manage. Termasuk bagaimana harus membuat suatu pembukuan dan laporan yang akan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan kedepannya.

"Tidak harus bisa ngebarber kok. Karna untuk membuka usaha rumah makan tak perlu pandai memasak bukan? Terus membuka usaha londry tidak harus pandai mencuci karna sudah ada mesin cuci," ujarnya.

Selanjutnya Rizki memberikan motivasi kepada anak muda yang ingin membuka bisnis yang lagi guming sekarang ini, persiapan awal yang harus dipersiapkan mental untuk siap jatuh bangun, kurang tidur, diremehkan, sampai pada persaingan bisnis. Hal yang penting sebagai pebisnis adalah mental yang tangguh.

"Kuncinya adalah terus berpositif thinking, berkembang dengan menjunjung tinggi etika bisni, serta inovasi dan ekspansi tiada henti," ungkapnya.

Dan ada baiknya jika usaha ini dikerjakan dengan teman-teman yang sudah kamu percayai. Kamu bisa bekerja sama dengan temanmu yang jago dalam stylist rambut, potong rambut, segala hal yang berhubungan keinginan customer laki-laki dalam hal tatanan rambutnya.

"Target market barbershop yaitu para lelaki gentlemen masa kini yang juga butuh perawatan. Seperti rambut, jadi kita harus update dalam hal ini. Basicnya manajemen usahanya bagaimana, pelajari pembukuannya, SDM, lokasi yang marketable, pesaing, supplier dan yang paling penting siapa target marketnya alias keinginan customer," kata Rizky yang akan melebarkan usahanya hingga ke Lampung.

Editor: Yudha