Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lanudal Tanjungpinang Siap Bangun Taxiway di Bandara RHF
Oleh : Habibie Khasim
Jum\'at | 19-01-2018 | 18:38 WIB
rapat-lanudal-dan-pemko-tanjungpinang.jpg Honda-Batam
Pemko Tanjungpinang rapat bersama Lanudal membahas tentang taxiway dan pembangunan jalan lingkar (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Tanjungpinang rencananya akan membangun taxiway. Pembangunan itu sendiri akan dilakukan pada awal Maret 2018.

Danpuspenerbal, Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan, pada saat memimpin rapat di ruang VIP Mako Lanudal Tanjungpiang, Jum'at (19/1/2018) memastikan bahwa pembangunan Taxiway tersebut tetap memperhatikan akses jalan warga.

Lebih lanjut dipaparkan Dwika, taxiway ini merupakan penghubung antara landasan pacu pesawat dengan hanggar. Selain itu nantinya juga akan ada penambahan Alusista. Hanya saja seputar lokasi tempat pembangunan taxiway ini memang banyak terdapat pemukiman penduduk.

Untuk itu, ia melakukan koordinasi dengan Pemko Tanjungpinang dan Angkasa Pura agar jalan sebagai akses masyarakat tidak terputus dan masayarakat juga bisa nyaman dan aman menggunakan jalan meskipun taxiway sudah dibangun.

Dikatakannya, anggaran untuk pembangunannya sudah tersedia pada tahun ini dan akan dilaksanakan pada awal Maret mendatang dan diprediksi akhir Desember 2018 sudah selesai pengerjaannya.

Meskipun nanti dilaksanakan pekerjaan tersebut, namun pihak Lanudal tetap memberikan akses jalan sementara untuk warga setempat hingga pengerjaan rampung, dan ia juga berharap jalan lingkar juga dapat dilanjutkan pengerjaannya oleh Pemko Tanjungpinang. Sedangkan alternatif lain, membuat pagar pada taxiway, namun perlu pengaman lebih.

Sementara itu, Plh Wali Kota Tanjungpinang, Riono, mengatakan Pemko Tanjungpinang sudah menyiapkan DED jalan lingkar yang berada di seputar Lanudal tersebut sejak tahun 2014, agar masyarakat dapat berjalan dengan aman. Ia juga mengharapkan agar masyarakat juga dapat memahami hal tersebut.

Diperkirakan jalan tersebut sepanjang 800 m dan sudah dikerjakan sepanjang 200 m. Pihak Lanudal dan Pemko Tanjungpinang sebelumnya juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat.

Riono juga akan mengangarkan kembali pembuatan jalan lingkar tersebut, baik melalui APBD maupun DAK. Karena jalan tersebut merupakan jalan Pemko Tanjungpinang.

Editor: Udin