Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengurus HIMPAUDI Kabupaten Karimun Dikukuhkan
Oleh : Freddy
Kamis | 18-01-2018 | 18:15 WIB
guru-paud.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama Pengurus HIMPAUDI Kabupaten Karimun yang baru dikukuhkan oleh Wakil Ketua HIMPAUDI Provinsi Kepri, Erita Riawati. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Ketua dan Pengurus HIMPAUDI (Daerah Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Karimun Periode 2017-2021 dikukuhkan oleh wakil ketua HIMPAUDI Provinsi Kepri, Erita Riawati SE, Kamis (18/1/2018) siang.

Pengukuhan yang dilaksanakan di Mesjid Agung Karimun itu dihadiri Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Kadisdik, Bakri Hasyim, Camat se-Karimun, Lanal Karimun dan Polres Karimun.

Organisasi HIMPAUDI yang memiliki struktur dari tingkat pusat, wilayah hingga daerah ini, merupakan organisasi independen yang memiliki tugas pokok dan fungsi yang jelas.

Dalam sambutannya Ketua HIMPAUDI Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani mengatakan, HIMPAUDI akan terus melakukan pembinaan, pengembangan organisasi serta memperjuangkan profesi pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini .

Menurut Nyimas Novi Ujiani, sekarang ini masih terasa sekali ketimpangan dan kesenjangan dalam penganggaran, padahal dalam aturan sudah disamakan.

Dijelaskan Nyimas Novi Ujiani, dari apa yang diperoleh tenaga pendidik PAUD dengan tenaga pendidik lainnya masih dibedakan,padahal peran tenaga pendidik dari Paud cukup besar peranannya.

"Mudah-mudahan ke depan, kesejahteraan tenaga PAUD mendapatkan perhatian dan tidak terlalu dibedakan," tegas Nyimas Novi Ujiani.

Sekarang ini ada sebanyak 271 tenaga pendidik PAUD dan 71 lembaga PAUD, mereka mendapatkan honor perbulannya sebesar Rp 1/2 juta.

Wakil Ketua HIMPAUDI Provinsi Kepri, Erita Riawati SE dalam sambutannya mengatakan, pengurus HIMPAUDI Kabupaten Karimun dapat menjalankan tugas dan fungsinya ,khususnya untuk terkait tenaga pendidik dan Pendidikan anak usia dini .

Menurut Erita Riawati, pengurus HIMPAUDI Kabupaten Karimun yang baru dikukuhkan ini harus bisa memperjuangkan kesejahteraan tenaga PAUD .

"Masih bersyukur kalau di Karimun tenaga PAUD sudah mendapat setengah juta, sedangkan di Kabupaten/kota di Provinsi Kepri sudah mendapatkan sajuta (Sabar, Jujur, Tawakal)." Beber Erika Riawati.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq,dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada ketua dan pengurus HIMPAUDI Kabupaten Karimun yang baru dikukuhkan.

Aunur Rafiq menjelaskan kalau dirinya percaya dan yakin dengan ketua HIMPAUDI yang juga merupakan anggota DPRD kabupaten Karimun.

Menurutnya, apa yang disampaikan ketua HIMPAUDI Kabupaten Karimun merupakan hal yang wajar tetapi tentunya dengan ketuanya yang merupakan anggota dewan dan banggar tentunya persolan ini sudah bisa terjawab.

Dijelaskan Aunur Rafiq, Kesenjangan yang terjadi ini kemungkinan disebabkan PAUD merupakan pendidikan non formal dan TK merupakan pendidikan formal

"Saya sangat memahami kondisi ini dan kondisi keuangan daerah masih defisit dan perlu rasionalisasi, tapi untuk gaji, Kesra, honor RT RW dan honor guru Paud tidak dilakukan rasionalisasi," tegas Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq berjanji, bila kondisi keuangan sudah baik dan insyallah kita akan ajukan ke Bu Novi yang merupakan anggota dewan agar dapat ditambah honor tenaga PAUD.

"Coba Bu Reza hitung berapa besar dana yang dibutuhkan kalau dilakukan penambahan 250 ribu dan nanti disampaikan kepada kepala dinas pendidikan kabupaten Karimun dan seterusnya disampaikan ke saya selaku Bupati," Jelas Aunur Rafiq.

Usai pengukuhan itu, dilanjutkan dengan pendidikan dan latihan dasar bagi para guru Paud di Karimun.

Editor: Dardani