Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Redakan Nyeri Tumit dengan 6 Cara Sederhana Ini
Oleh : Redaksi
Rabu | 17-01-2018 | 15:50 WIB
nyeri-tumit1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Rasa nyeri pada tumit merupakan masalah pada kaki yang umum terjadi. Biasanya yang kerap mengalami kondisi ini adalah perempuan yang sering menggunakan sepatu berhak dalam aktivitasnya.

Apabila tidak segera diatasi, kondisi ini bisa semakin parah yang menyebabkan pembengkakan, iritasi, hingga melemahnya tulang lengkung.

Rasa nyeri pada tumit juga bisa disebabkan karena kondisi medis tertentu, seperti asam urat, artritis, dan penyakit lainnya.

Untuk mengatasi rasa ridak nyaman karena rasa nyeri pada tumit ini, kita bisa menggunakan bahan alami yang ada di rumah. Kandungannya berkhasiat untuk meredakan rasa sakit yang mengganggu aktivitas ini.

1. Garam epsom
Garam ini bisa memberikan rasa lega secara instan dari nyeri tumit. Ini karena garam epsom terdiri dari kristal magnesium sulfat yang membantu mengurangi rasa sakit dan juga pembengkakan.

Untuk membuat ramuan ini campurkan 3 sendok makan garam epsom ke dalam air hangat dan celupkan kaki kita ke dalamnya selama 20 menit. Setelah selesai keringkan kaki dan pijat area tersebut dengan lembut dengan pelembab.

2. Kunyit
Sudah dipercaya jika kunyit memiliki banyak khasiat. Salah satunya bisa menyembuhkan sakit pada tumit seketika. Kunyit memiliki kandungan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu meredam rasa sakit secara alami.

Caranya rebus satu cangkir susu dan tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalamnya. Lalu tambahkan sedikit madu dan minum ramuan ini 2-3 kali sehari.

3. Peregangan
Sisihkan waktu untuk melakukan latihan peregangan pada kaki. Karena hal ini bisa mengurangi rasa sakit dan mempercepat pemulihan.

Latihan ini juga memperkuat otot dan tendon di kaki kita untuk mencegah rasa sakit berlanjut. Untuk melakukan latihan ini, cobalah berdiri tanpa alas kaki dengan menghadap ke dinding.

Letakkan kedua tangan pada dinding dan tekan dinding. Tempatkan satu kaki ke depan dan rasakan peregangan di sepanjang belakang kaki dan tumit kita. Begitu juga dengan satu kaki lagi. Lakukan gerakan ini selama 30 detik.

4. Pijat
Memijat tumit merupakan perawatan sederhana lainnya karena bisa memberikan rasa lega dari rasa sakit. Pemijatan pada tumit bisa mengendurkan otot, melepaskan tekanan, dan memperbaiki sirkulasi darah.

Oleskan beberapa minyak ke area yang akan dipijat. Gunakan kedua ibu jari kita, beri tekanan dengan lembut selama 10 menit.

5. Jahe
Sakitnya tumit disebabkan oleh ketegangan otot. Untuk meredakannya kita bisa mengonsumsi jahe.

Diketahui jahe mengandung sifat anti-inflamasi dan menjadi penghilang rasa sakit yang bisa membantu mengatasi rasa sakit dan pembengkakan. Minum teh jahe tiga kali sehari atau juga bisa dimakan secara mentah.

6. Minyak esensial
Minyak esensial seperti rosemary atau lavender mengandung sifat anti-inflamasi yang berguna sebagai obat penghilang rasa sakit alami dalam mengobati nyeri pada tumit.

Hangatkan beberapa tetes minyak esensial dan gosol perlahan ke tumit untuk mengobati rasa sakit.

Sumber: Nova.Id
Editor: Yudha