Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ronaldinho Resmi Gantung Sepatu, Ini Fakta Menarik Perjalanan Kariernya
Oleh : Redaksi
Rabu | 17-01-2018 | 09:26 WIB
Ronaldinho.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ronaldinho merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah ada dalam sejarah sepak bola. (AFP PHOTO / LLUIS GENE)

BATAMTODAY.COM, Brasil - Ronaldinho resmi gantung sepatu dari dunia sepak bola. Sepanjang kariernya, Ronaldinho telah membuktikan bahwa ia layak dikenang sebagai salah satu pesepakbola terbaik sepanjang sejarah.

Ronaldinho pernah membela klub-klub besar Eropa seperti Paris Saint-Germain, Barcelona, dan AC Milan. Sejumlah gelar, baik tim maupun individu pernah ia rasakan.

Berikut fakta-fakta menarik karier Ronaldinho dirangkum dari berbagai sumber:

- Ronaldinho semasa kecil juga aktif dalam futsal dan sepak bola pantai. Hal itu yang kemudian turut memengaruhi gaya mainnya yang atraktif di lapangan.

- Ronaldinho pernah mencetak 23 gol dalam parade kemenangan timnya 23-0 di sebuah liga remaja di Brasil saat usianya masih 13 tahun.

- Ronaldinho sudah terkenal dan diprediksi jadi bintang masa depan Brasil sejak usia muda. Ronaldinho membawa Brasil juara Piala Dunia U-17 dan kemudian berlanjut masuk tim senior yang memenangi Copa America 1999.

- Ronaldinho mengantar Brasil juara Piala Dunia 2002. Salah satu momen yang paling dikenang di Piala Dunia ini adalah ketika tendangan bebasnya dari jarak jauh mengecoh kiper Inggris, David Seaman.

- Ronaldinho juga masuk dalam sejarah youtube. Iklan Nike yang dibintangi Ronaldinho jadi video pertama yang meraih 1 juta pemirsa di youtube.

- Ronaldinho meraih masa kejayaan bersama Barcelona. Blaugrana meraih dua titel La Liga pada 2004/2005 dan 2005/2006 serta Liga Champions 2005/2006.

- Ronaldinho ada di tim Brasil yang jadi favorit juara Piala Dunia 2006 lantaran memiliki pemain hebat macam Ronaldo, Kaka, dan Adriano. Namun kuartet maut ini gagal membawa Brasil bersinar dan langkah mereka terhenti di babak perempat final.

- Saat memutuskan meninggalkan Barcelona, Ronaldinho sempat mendapat tawaran dari Manchester United. Namun Ronaldinho memilih untuk bergabung dengan AC Milan dan merasakan satu titel Serie A.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Udin