Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Jokowi Resmikan Penggunaan Stadion GBK Usai Direnovasi
Oleh : Redaksi
Minggu | 14-01-2018 | 19:05 WIB
GBK_baru1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Inilah penampakan wajah baru Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan wajah baru Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (14/1/2018).

Peresmian dilakukan sebelum pertandingan persahabatan antara Indonesia lawan Islandia digelar.

"Pada sore ini renovasi besar Gelora Bung Karno saya nyatakan diresmikan dan dimulai penggunaannya," ujar Jokowi saat mengumumkan peresmian di dalam stadion.

Kegiatan peresmian stadion GBK hasil renovasi itu ditandai dengan penandatanganan batu peresmian oleh Jokowi. Setelah itu, Jokowi menyaksikan langsung pertandingan persahabatan antara Indonesia lawan Islandia.

Renovasi ini sebenarnya dilakukan untuk perhelatan Asian Games 2018 mendatang. Renovasi selesai tujuh bulan sebelum Asian Games berlangsung, yakni Agustus 2018.

Sebelumnya, Jokowi melalui akun Facebook miliknya menyiratkan kebanggaan atas renovasi Stadion GBK. Jokowi mengatakan, wajah baru Stadion GBK mampu menampung 80.000 penonton dengan kualitas kursi yang lebih bagus.

Jenis kursinya meliputi single seat atau satu kursi dan dapat dilipat atau flip up yang telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi. Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kilogram dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme.

Presiden menambahkan, stadion tersebut juga sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan. Saat kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong.

"Stadion ini akan diterangi lampu berkekuatan 3.500 lux. Ini tiga kali lebih terang dari sebelumnya, tapi 50 persen lebih hemat karena menggunakan LED, bukan lagi lampu konvensional," sebut Presiden.

Dari segi pencahayaan, lanjut dia, ini salah satu yang terbaik di dunia. Sistem pencahayaan GBK terintegrasi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80.000 watt PMPO. Presiden meyakini, dengan tata suara seperti itu, lagu kebangsaan "Indonesia Raya" yang dinyanyikan pada upacara pembukaan akan terdengar lebih dramatis.

Adapun untuk permukaan lapangan akan berlapiskan rumput dari jenis terbaik, yaitu zoysia matrella, yang dilengkapi alat penyiram otomatis hingga sistem drainase antibanjir.

Editor: Surya