Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BMKG Peringatkan Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Perairan Kepri
Oleh : Freddy Silalahi
Minggu | 14-01-2018 | 16:00 WIB
Gelombang1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi gelombang tinggi

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pusat Meteorologi Maritim Badan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini angin kencang dan gelombang tinggi pada 14 Januari-15 Januari 2018 di wilayah Perairan Indonesia, termasuk di perairan Kepri. Bahkan pusaran angin kencang mengarah ke Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Berdasarkan pantauan kondisi atmosfer terkini, terdapat peningkatan kecepatan angin di beberapa Wilayah Perairan Indonesia antara 28 km/jam hingga 46 km/jam. Terutama pusaran angin mengarah ke Anambas. Ini berpeluang di perairan Sabang, Barat Lampung, Selat Sunda, Selatan Jawa, Kepulauan Riau (Kepri), Bangka, Utara Jawa, Selatan Kalimantan, Makassar, Wakatobi, Banda Utara, Ambon, Sulawesi, dan Seram," ujar Pusat Meteorologi Maritim BMKG Kantor Pusat melalui rilisnya, Minggu (14/1/2018).

Dalam rilis tersebut juga menerangkan, bahwa peningkatan kecepatan angin 46 km/jam hingga 64 km/jam terjadi di Laut Cina Selatan, Perairan Natuna, Perairan Anambas, Laut Natuna Utara, Kalimantan Barat dan Selat Karimata.

"Dampak yang ditimbulkan peningkatan angin kencang ini yakni gelombang tinggi. Untuk Perairan Natuna dan Anambas dengan kecepatan angin antara 50 km/jam hingga 64 km/jam akan menimbulkan gelombang tinggi antara 4 hingga 6 meter,"urainya.

Pusat Meteorologi Maritim BMKG juga menghimbau masyarakat mengurangi aktifitas di laut dengan mempertimbangkan keselamatan pelayaran.

"Kami menghimbau masyarakat tetap waspada dan siaga terhadap kondisi cuaca tersebut. Kapal yang melintas dan kegiatan hulu minyak dan gas juga harus tetap siaga dan waspada,"pesannya.

Editor: Surya