PKP

Kapal Ditunda, Penumpang Tujuan Batam Tidur di Pelabuhan
Oleh : Wandy
Jum\'at | 12-01-2018 | 19:50 WIB
Pelabuhan-Domestik-Karimun.jpg honda-batam
Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sejumlah Kapal Ferry di Pelabuhan Domestik dibatalkan keberangkatannya oleh Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Karimun dan nakhoda kapal karena melihat kondisi cuaca yang kurang baik.

Seperti halnya kapal Dumai Expres yang berangkat dari Selat Panjang tujuan Batam, dibatalkan keberangkatannya dikarenakan ketinggian gelombang air laut mencapai 2 hingga 3 meter.

"Pada hari Kamis (11/1/2018) sekitar 60 orang penumpang kapal yang berangkat dari Selat Panjang dengan tujuan ke Batam ditunda, sehingga mereka harus menginap di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun. Semantara untuk konsumsi penumpang, ditanggung oleh agen kapal," kata Kepala Seksi Pengawasan dan Keselamatan (KSOP) Karimun, Syahrinaldi, Jumat (12/1/2018)

Untuk di Pelabuhan International, Kapal Ferry Ocena Indoma dan Marina Baru dengan tujuan Kukup, Malaysia, juga dibatalkan keberangkatannya pada hari Kamis dan Jumat. Sementara Kapal Tuah dengan tujuan Johor ditunda keberangkatannya pada sore hari.

"Pada hari Kamis dan Jumat kita juga menunda keberangkatan kapal dengan tujuan Kukup Malaysia, sebab dilihat kondisi cuaca belum juga membaik," ujarnya.

"Sementara kapal Tuah dengan tujuan Johor, sempat diberangkatkan namun memutar arah balik, karena tidak memungkinkan perjalanan dilanjutkan. Namun hari ini, Kapal Tuah kita berangkatkan sore," tambah Kasi Gamat itu.

Sebelumnya pun KSOP juga sudah memberikan surat imbauan kepada pemilik kapal dan nahkoda kapal untuk tetap memperhatikan cuaca saat berlayar, karena saat ini kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

"Kita sudah mengimbau kepada nahkoda kapal maupun pemilik kapal untuk waspada terhadap cuaca, namun bila pada saat berlayar tiba-tiba cuaca memburuk agar dapat berlindung ke tempat-tempat yang aman. Pasalnya akhir-akhir ini cuaca sering berubah secara tiba-tiba, untuk itu agar lebih berhati-hati," kata Syahrinaldi mengingatkan.

Ini merupakan pengaruh musim yang tidak dapat diprediksi, sebab dari kemarin hingga saat ini cuaca mendung disertai gerimis. Untuk itu diharapkan lebih berhati-hati lagi dalam melaksanakan perjalanan laut.

Editor: Udin