Kapolda Kepri Sebut Komjen Pol Suhardi Alius Panutan Seluruh Polisi
Oleh : Hadli
Jum\'at | 12-01-2018 | 19:26 WIB
Bedah-buku.jpg honda-batam
Dedi Mahardi selaku penulis buku Integritas di Tengah Kabut Idealisme, Kepemimpinan Komjen Suhardi Alius (Foto: Hadli)

BATAMTODAY. COM, Batam - Kapolda Kepri, Irjen Pol Didid Widjanardi, mengatakan Komjen Pol Suhardi Alius adalah salah satu panutan bagi seluruh polisi di Kepulauan Riau. Hal ini disampaikannya dalam agenda bedah buku Integritas di Tengah Kabut Idealisme, Kepemimpinan Komjen Suhardi Alius.

"Bagaimana cara menjadi polisi yang baik, belajarlah dari Komjen Suhardi Alius," kata Kapolda di Gedung Lancang Kuning Mapolda Kepri, Kamis (12/1/2017).

Buku yang ditulis Dedi Mahardi itu mengulas tentang kepemimpinan dan pembelajaran hidup Suhardi Alius dalam melawan terorisme. Sosok Pati Polri satu ini dipercayakan sebagai Kepala BNPT.

Didid mengatakan, Komjen Pol Suhardi Alius sebagai salah satu yang memiliki karakter utama dari tokoh bangsa yang patut diteladani sebagai tokoh inspiratif Indonesia.

"Buku ini sangat menginspirasi kita, sosok Polri yang memiliki integritas dalam membangun negeri ini dengan memberikan hal yang terbaik. Sebagai pembelajaran yang paling efektif adalah keteladanan," ucapnya.

Ia berharap sosok Suhardi Alius jadi orang yang menginspirasi seluruh polisi di Polda Kepri. "Semua harus bertekad untuk mencontoh bapak Komjen Pol Suhardi Alius dalam kepemimpinan dan pembelajaran hidup, sehingga banyak Suhardi-Suhardi Alius lainnya yang akan muncul," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, hadir sebagai narasumber Penasihat MUI Sumatera Barat dan Dewan FPRB H Mas'oed Abidin dan Dedi Mahardi selaku penulis buku.

Acara ini dihadiri Gubernur kepri, Wakapolda Kepri, Irwasda Polda Kepri, Kepala BNNP Kepri, Deputi 5 BP Batam, Dirpam BP Batam, Kepala BP2TKI, Ketua MUI Provinsi Kepri, para pejabat utama Polda Kepri, Kepala Imigrasi Kota Batam dan para undangan.

Dedi Mahardi mengungkapkan, untuk membuat buku tentang Komjen Suhardi Alius ia membutuhkan waktu sampai 7 bulan. Dalam perjalanan mengumpulkan bukti dalam cerita sosok Suhardi ia mencari data tanpa diketahui Suhardi.

"Setelah selesai buku ini saya karang, barulah saya memberitahukan sekaligus meminta izin, itu juga sebagai syarat dari Gramedia," ungkap dia.

Buya Syafii Maarif mengatakan, Suhardi Alius adalah salah satu anak bangsa yang istimewa. Baginya, Suhardi adalah sosok yang berintegritas dan selalu tenang.

"Anak bangsa istimewa. Kalau dia di politik, bawaannya tenang, seorang yang punya dedikasi untuk masalah bangsa," kata Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) ini.

Editor: Udin