Mau Cemilan Pisang Nuget Kekinian...
Oleh : Suci Rahmadani
Jum\'at | 12-01-2018 | 18:26 WIB
pisang-nuget-oke.jpg Promo PKP
Cemilan pisang nuget ini, saat ini jadi incaran kids zaman now (Foto: Suci Rahmadani)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tidak hanya fashion atau lifestyle, namun makanan juga mengikuti zaman. Menariknya ada yang di level kekiniannya juga. Cemilan pisang nuget ini misalnya, saat ini menjadi incaran anak zaman sekarang.

"Saya lihat pisang nuget ini pertama kali di Jogja, waktu itu belum ada di Batam. Maka saya coba-coba buat pisang nugget ini, selain enak bentuknya juga menarik," kata Rizsa, salah satu owner dari La Banana di Warkop 96, Taman Kota, Baloi, Jumat (12/1/2018).

Dinamakan pisang nugget karena pisang yang sudah dipotong dengan ukuran tidak terlalu besar ini dibalur dengan tepung roti atau tepung panir. Walaupun tepung panir namun tidak memiliki rasa. Tapi dari tepung panir itu akan membuat pisang terasa sangat crispy usai digoreng.

Untuk menambah nilai rasa dari pisang nuget ini maka pisang bisa ditambah dengan aneka toping yang menarik dan manis juga. Seperti cokelat, keju, milo, strowberry, ovaltine, nuttela, hingga remahan biskuit oreo.

Menurut Ayunir yang juga merupakan satu di antara owner La Banana mengatakan, selain rasa manis pada pisang, pisang nugget juga menambah rasa sensasi lain pada pisang goreng. Jika biasanya pisang goreng dari tepung yang diberi air, kini pisang goreng juga tambah garing dari penggunaan tepung panir.

"Tipsnya supaya pisang nugetnya enak itu kuncinya dibahan utamanya yaitu pisang. Gunakan pisang pilihan dan berkualitas, tidak boleh terlalu matang ataupun mentah, karena kalau terlalu matang saat digoreng, pisang akan cepat menghitam dan lembek," kata Almadina yang juga owner dari La Banana.

Kombinasi topping pada pisang nuget disesuaikan dengan selera masing-masing. Gabungan antara rasa cokelat, stroberi, dan green tea pada pisang nuget akan membuat pisang nuget lebih bewarna, begitu pula dengan rasanya. Selain itu, tambahan rasa gurih pada kacang almond juga membuat pisang nugget lebih beraneka ragam rasa.

Resep Pisang Nugget:

Bahan:

500 gram tepung
Air secukupnya
Gula secukupnya
500 gram Panir
Minyak goreng
5 buah pjsang pisang sesuai selera
Susu kental manis
Coklat, keju, topping sesuai selera

Cara Pembuatan:
1. Potong-potong pisang sesuai selera
2. Campurkan semua bahan tepung, air dan gula. Lalu aduk semua bahan hingga rata
3. Celupkan pisang yang sudah dipotong ke dalam adonan tepung
4. Lalu angkat pisang dan taburkan panir
5. Panaskan minyak goreng, jika minyak sudah panas masukan pisang. Goreng hingga matang. Tiriskan
6. Parut keju/coklat dan tuangkan susu kental manis sesuai selera di atas pisang
7. Sajikan

Editor: Udin


BNN-KEPRI