PKP

Tahun Ini, Pulau Dompak Miliki Kawasan Bermain Anak dan Air Mancur
Oleh : Ismail
Jum\'at | 12-01-2018 | 16:26 WIB
Tugu-Dompak1.gif honda-batam
Gerbang Kawasan Perkantoran Pemprov Kepri di Dompak Tanjungpinang. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Salah satu prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2018 ini penataan kawasan Pulau Dompak. Selain menjadi pusat pemerintahan, kawasan Pulau Dompak juga diharapkan menjadi salah satu destinasi kebanggaan masyarakat Kepri.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Ruang dan Pertanahan (PURP) Provinsi Kepri Abu Bakar menyampaikan, setelah selesai melakukan pemasangan tugu, pada tahun ini Pemprov Kepri akan melanjutkan pembangunan bundaran I Pulau Dompak. Adapun pekerjaan yang akan dilakukan pada tahun ini meliputi pembangunan air mancur dan tempat bermain bagi anak-anak dengan alokasi anggaran sekitar Rp 4,5 miliar.

"Tahun ini Pak Gubernur juga ingin dibundaran itu dibangun tujuh tangga yang dibuat seperti gajah duduk atau siput melingkar seperti di Masjid Penyengat," ujarnya kemarin.

Selain melakukan penataan kawasan bundaran I, tahun ini pihaknya juga akan melakukan penyelesaian pembangunan gerbang masuk Jembatan Dompak. Nantinya, di gerbang tersebut juga akan dibangun tempat duduk yang menyerupai sampan serta pemasangan lampu dan kawasan parkir.

"Jadi nanti tempat itu diharapkan jadi tempat wisata baru untuk masyarakat Tanjungpinang," sebutnya.

Selain lanjutan penataan tugu bundaran di Dompak, salah satu proyek lanjutan yang dilaksanalan untuk menata Pulau Dompak yakni pembangunan gerbang masuk jembatan I. Dimana, pada tahun lalu pembangunan gerbang masuk tersebut menelan anggaran Rp 4,5 miliar. Sedangkan tahun ini akan dilanjutkan pembangunannya senilai Rp 4 miliar.

Abu juga menyampaikan, sesuai dengan arahan Gubernur Provinsi Kepri pada tahun ini pihaknya bersama Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kepri juga akan mulai menghidupkan serta menambah lampu jalan di seluruh kawasan Pulau Dompak.

"Kita berharap nanti Pulau Dompak bisa menjadi tempat bersantai untuk masyarakat menghabiskan malam minggunya," ujarnya.

Editor: Yudha