Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 4 Klub Eropa dengan Penguasaan Bola Tertinggi
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 12-01-2018 | 13:38 WIB
Manchester-City15.gif Honda-Batam

PKP Developer

Manchester City. (Skysport.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Penguasaan bola menjadi faktor penting dalam mendikte permainan lawan. Hal itu menunjukkan pula kualitas yang apik terkait kerja sama tim

Tim-tim yang mampu mendominasi jalannya pertandingan pada umumnya sukses meraih tiga poin.

Dilansir BolaSport.com dari Squawka, berikut ini empat tim dengan ball possession terbaik di lima liga top Eropa musim 2017-2018:

1. Manchester City
Man City menjadi master ball possession di Benua Biru dengan 66,4 persen per laga Liga Inggris. Kepiawaian tersebut membikin The Citizens tak terhentikan di Premier League.

Anak-anak asuh Josep Guardiola bertengger di posisi teratas Liga Inggris dengan 62 poin alias unggul 15 poin dari pesaing terdekat, Manchester United. Mereka juga sangat tangguh dalam menciptakan gol (64) dan kuat saat bertahan (kejebolan 13 kali).

2. Paris Saint-Germain
PSG menorehkan penguasaan bola 63,7 persen per partai Liga Prancis. Mereka duduk nyaman di pucuk klasemen Ligue 1 dengan 50 poin.

Kegarangan Neymar dan kawan-kawan dalam menggetarkan jala musuh (58 gol) tak tertandingi. Les Parisiens juga sekadar 15 kali memungut bola dari gawangnya.

3. Bayern Muenchen
Bayern Muenchen mempunyai catatan ball possession 62,2 persen per pertandingan Liga Jerman. Sama seperti Barcelona, pasukan Jupp Heynckes juga menjadi pemimpin di Liga Jerman dengan 41 poin.

Bayern pun menjadi klub dengan produktivitas selisih gol terbaik di Bundesliga, yakni +26, berkat mencetak 37 gol dan cuma kemasukan 11 kali.

4. FC Barcelona
Barcelona rata-rata melakukan penguasaan bola 61,2 persen per laga Liga Spanyol. Mereka kini menjadi pemuncak klasemen La Liga dengan 48 poin. Bahkan, Lionel Messi cs menjadi tim tertajam (48 gol) dan paling sedikit kebobolan (7) di Liga Spanyol.

Sumber: Kompas.com
Editor: Yudha