H-1 Habis Masa Jabatan Lis-Syahrul, Pemko Tanjungpinang Resmikan TNM
Oleh : Habibie Khasim
Kamis | 11-01-2018 | 08:50 WIB
Sekda-TPI-Riono.jpg Promo PKP
Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang akan menghidupkan kembali keberadaan Pasar Malam yang dahulu pernah digagas masyarakat Tanjungpinang sekitar tahun 1898 kala itu.

Ratusan tahun menunggu, Pemerintah Kota Tanjungpinang baru akan menghidupkan kembali gagasan tersebut dengan skema mobil toko (Moko) dan dikemas dalam konsep Pasar Malam bernama Tandjongpinang Night Market (TNM).

Selain gagasan tersebut baru dimulai tahun 2017 sejak diutarakan pada tahun 1898, TNM juga malah baru akan diresmikan di akhir tahun pemerintahan Lis Darmansyah dan Syahrul. Tepatnya, TNM akan diresmikan pada H-1 habisnya masa pemerintahan Lis-Syahrul.

Menurut rilis dari Humas Pemko Tanjungpinang, TNM akan dilaunching pada Senin, 15 Januari 2018, pukul 20.00 WIB, bersamaan dengan pembukaan Pasar Bazar Imlek oleh Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah.

"Keberadaan Pasar Malam di wilayah Kota Lama diharapkan dapat menggairahkan kembali ekonomi masyarakat di Kota Tanjungpinang. Selain dapat menggerakkan ekonomi masyarakat, Tandjongpinang Night Market bisa menjadi tempat wisata bagi turis ketika berkunjung ke Tanjungpinang," ujar Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono, saat memimpin Rapat Persiapan Peluncuran Pasar Malam Tanjungpinang Night Market, di ruang rapat Beppelitbang, Selasa (9/1/2017).

Riono menjelaskan, sebelumnya tim peluncuran Pasar Malam Tanjungpinang Night Market telah melakukan berbagai persiapan, mulai dari pendaftaran pelaku usaha yang ingin berjualan, konsep acara, hingga produk yang akan ditampilkan, seperti kuliner siap saji, pakaian, aksesoris, dan hasil kerajinan masyarakat.

"Untuk mengaktifkan kembali Pasar Malam tersebut, pemerintah Kota Tanjungpinang menggandeng perusahaan BUMD dan BUMN. Mudah-mudahan keberadaan Pasar Malam ini, mampu memberikan penghidupan dan menggerakkan ekonomi untuk masyarakat, terutama pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Karena itu, diharapkan masyarakat dapat mendukung program tersebut dan ikut menyaksikan peluncuran Pasar Malam Tanjungpinang Night Market pada 15 Januari mendatang," ujarnya.

Pasar Malam Tandjongpinang Night Market akan dipusatkan di Jalan Merdeka dan Jalan Teuku Umar, dimulai dari pukul 17.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB. Nantinya, acara peluncuran akan diisi juga dengan beragam hiburan dan penyerahan bantuan dari PT Pelindo.

Editor: Udin


BNN-KEPRI