PKP

Ternyata Ini Penyebab Knalpot Motor Injeksi Berasap Hitam
Oleh : Redaksi
Sabtu | 06-01-2018 | 13:38 WIB
ilustrasi-knalpot-injeksi1.gif honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Saat ini mayoritas sepeda motor sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi. Motor injeksi dianggap lebih ramah lingkungan dan juga irit bahan bakar. Makanya tidak heran kalau sekarang banyak orang memilih motor ini.

Meski motor injeksi ini dikenal sudah lebih ramah lingkungan, tetapi tetap saja ada bikers yang mengalami masalah knalpot berasap hitam. Bila seperti itu, bisa jadi tanda permasalahan apa yang terjadi di motor injeksi Anda.

Kalau warnanya hitam itu berarti proses pembakaran bahan bakar di mesin tidak berjalan baik karena lebih banyak bensin yang masuk dibanding udara, Anda bisa mengatasi ini dengan cara menyetel ulang electronic control unit.

Kalau asap berwarna putih itu artinya ada oli mesin yang masuk ke dalam mesin dan mengganggu proses pembakaran bahan bakar. Piston ini bisa jadi salah satu penyebab motor injeksi kamu mengeluarkan asap di knalpot.

Piston yang aus bisa membuat motor kamu berasap karena oli merembes ke mesin dan mengganggu proses pembakaran. Piston yang sudah baret juga bisa membuat knalpot ngebul karena baretan yang ada di piston ini bisa bawa oli masuk ruang pembakaran juga.

Kemudian perhatikan juga sil klep. Bagian ini bisa membuat motor injeksi Anda ngebul. Saat sil klep keras, oli yang ada di silinder akan turun dan masuk ke ruang pembakaran. Selain itu, klep yang bocor atau enggak rata juga bisa membuat knalpot motor injeksi kamu ngebul.

Tapi tenang, Anda tidak perlu panik kalau knalpot motor injeksi ngebul. Anda bisa mengatasinya sendiri dengan cara di atas, kalau belum hilang juga, bisa bawa langsung motor injeksi Anda ke bengkel.

Sumber: Otosia.com
Editor: Yudha