Hari Ini, Suhu Udara di Australia di Atas 40 Derajat Celcius
Oleh : Redaksi
Sabtu | 06-01-2018 | 08:38 WIB
Sunset.jpg Promo PKP
Cuaca panas diperkirakan akan terjadi hingga awal pekan depan (Sumber foto: ABC Plus)

BATAMTODAY.COM, Sydney - Gelombang panas diperingatkan akan terjadi di kawasan tenggara Australia, dengan suhu diperkirakan akan meningkat di negara bagian Victoria dan Tasmania mulai siang ini akan mencapai di atas 40 derajat Celcius pada hari ini, Sabtu (6/01/2017).

Temperatur akan meningkat di Sydney barat, dengan perkiraan badan Biro Meteorologi Australia (BOM) suhu akan mencapai 45 derajat di Penrith, 44 di Richmond, dan 43 di Liverpool, Blacktown serta Campbelltown pada hari Minggu (7/01/2017).

Diperkirakan juga cuaca panas di kawasan Sydney akan berlangsung hingga awal minggu depan, sebelum adanya cool change, atau penurunan suhu menjadi lebih sejuk .

Ibukota Australia, Canberra diperkirakan akan mencapai 36 derajat celcius pada hari Sabtu, dan suhu terendah di malam hari diperkirakan akan tetap berada di atas 20C.

Suhu malam yang hangat akan menjadi lebih panas di hari Minggu mencapai 38C, dengan kemungkinan hujan deras.

Belum ada peringatan kebakaran hutan di negara bagian New South Wales atau Kawasan Ibukota Australia (ACT) hingga saat ini, tapi peringatan kebakaran sudah dikeluarkan di seluruh kawasan Tasmania di hari Sabtu dengan suhu diperkirakan berada di pertengahan 30an derajat dan kecepatan angin mencapai 90 kilometer per jam.

Pejabat sementara kepala Dinas Pemadam Kebakaran Tasmania, Jeremy Smith mengatakan pihaknya sedang bersiap menghadapi risiko kebakaran yang tidak terkendali dengan pengerahan ekstra petugas dan pesawat tambahan.

"Setiap titik api yang ada saat ini harus dipadamkan dan kami ingin menegaskan kepada masyarakat jika Anda membuat api unggun dalam beberapa minggu bahkan berbulan-bulan, kami minta untuk diperiksa dan dipadamkan sepenuhnya sebelum hari Sabtu," ujar Jeremy.

Komisaris Manajemen Darurat di negara bagian Victoria, Craig Lapsley mengatakan hari Sabtu akan menjadi "hari panas pertama" di "musim panas yang ringan" bagi negara bagian tersebut.

"Semua ini adalah tentang panas dan api," kata Craig.

"Kita akan mengalami hari yang panas, kering dan berangin dan jika sorenya berangin, kemudian ada api, ini akan mengubah lintasan api dan menyebabkan kita kehilangan harta benda, setelah angin berubah," katanya.

"Menjadi hari yang bisa terjadi semuanya. Pesan utama bagi warga Victoria adalah harus bersiap-siap."

Biro Meteorologi telah memperingatkan warga Sydney untuk memeriksa tetangga mereka yang sudah berusia lanjut.

"Gelombang panas terutama dapat mempengaruhi warga-warga yang rentan, seperti orang sakit, lanjut usia dan anak-anak," kata Rob Taggart, juru bicara BOM.

"Warga harus memeriksa tetangga mereka yang sudah tua, pastikan dalam kondisi sejuk, banyak minum dan pastikan Anda merawat orang-orang yang mungkin rentan."

Sumber: ABC Plus
Editor: Udin


BNN-KEPRI