Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Ada Plang Proyek

Mangkrak, Pelebaran Jalan di Kawasan Tanah Longsor Disebut 'Proyek Siluman'
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 02-01-2018 | 12:38 WIB
proyek-siluman.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pelebaran jalan di kawasan Tanah Longsor yang tak memuliki prang proyek. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelebaran jalan yang dilakukan Pemerintah Kota Batam di kawasan Tanah Longsor, Nagoya, disebut banyak pihak sebagai proyek siluman.

Pasalnya, pengerjaan yang telah dimulai beberapa bulan lalu, hingga kini belum selesai atau terbengkalai. Bahkan, sebagian jalan masih tanah dan belum diaspal.

Menurut Sekjen LSM Batam Monitoring, Lamsir, kondisi ini perlu dipertanyakan ke pemerintah daerah. Apa alasan mereka sehingga belum mengaspal jalan tersebut. Padahal sudah berbulan-bulan.

"Jika kita melewati jalan dari arah Simpang Hotel The Hill menuju Hotel Planet Holiday, bisa disaksikan sendiri kalau jalan tersebut belum diaspal. Bahkan tidak terlihat adanya proses pengerjaan. Nah ini ada apa?" Ujar Lamsir, Selasa (2/1/2018) siang.

Di samping itu, ia juga menilai pelebaran jalan tersebut adalah proyek siluman. Sebab, di sepanjang jalan tidak ada plang yang menerangkan mulai dari lama proses pengerjaan, hingga anggaran yang dikeluarkan.

"Siapa kontraktornya? Berapa anggarannya? Berapa lama pengerjaannya, masyarakat tidak tahu. Penjelasan proyek itu seharusnya ada pada plang yang dipasang. Tetapi plang tersebut tidak ada," lanjutnya.

Ditambahkan, program pemerintah dengan meningkatkan perbaikan infrastruktur terutama jalan, sangat bagus. Dengan tujuan bisa menggaet wisatawan lebih banyak.

Namun, ia juga menyesalkan masih belum adanya transparansi dari pemerintah terkait proyek yang dikerjakan. "Kalau tidak ada plang seperti ini, bisa saja mereka berdalih waktu pengerjaan tidak ditentukan, atau kontraktornya si A dan anggarannya sekian. Jadinya kan asal sebut. Mereka jadinya tidak terbuka pada masyarakat. Masyarakat perlu tahu," jelasnya.

Editor: Gokli