PKP

Tips Membersihkan Perabotan Rumah Usai Natal
Oleh : Redaksi
Rabu | 27-12-2017 | 12:50 WIB
sendok1.jpg honda-batam
Ilustrasi - perabotan rumah. (stevepb/Pixabay)

BATAMTODAY.COM, Batam - Usai perayaan Natal, setiap orang sibuk membersihkan rumah, termasuk perabotan dan perkakas. Dari mulai perlengkapan makan seperti piring dan gelas, kaca jendela, porselain, hingga pajangan berbahan kuningan.

Dengan bahan yang berbeda di setiap perabotan, membersihkannya pun perlu trik khusus. Jika salah bisa jadi akan merusak ketahanannya.

Mengutip sejumlah sumber, membersihkan perkakas dari kaca berbeda caranya saat berhadapan dengan bahan silver atau kuningan. Apa saja trik yang bisa dilakukan?

1. Perak
Membersihkan perabotan berbahan perak bisa menggunakan air hangat dengan sabun. Gosoklah perlahan dengan berhati-hati pada bagian yang memiliki detail dekorasi seperti mutiara. Jika terlihat lebih kuning atau menghitam, gunakan sedikit losion pembersih perak terlebih dahulu ke kain katun, baru kemudian gosok perlahan.

2. Kaca
Sebagian besar perkakas seperti piring dan gelas kaca dapat langsung dicuci di mesin pencuci piring. Pastikan bahwa mesin tersebut dalam kondisi baik. Selain itu, jangan lupa lepaskan perhiasaan saat mencuci gelas dan piring tersebut, karena perhiasan dapat merusak jika bergesekan dengan perkakas kaca.

3. Kristal
Membersihkan kristal perlu perhatian khusus. Dikutip dari laman Martha Stewart, Celine Sanchez, direktur perusahaan pembuat kristal asal Perancis menganjurkan untuk membilas setiap gelas dengan air hangat terlebih dahulu. Lalu tuangkan satu sendok teh cuka putih dalam bilasan untuk menghilangkan tanin dan deposit kapur. Setelah selesai cuci tangan dan keringkan dengan kain lembut.

4. Timah
Pembuat timah Asal italia menyarankan agar membersihkan debu-debu pada timah yang menempel dengan metal polish (seperti Cape Cod) atau wol baja khusus.

5. Porselain
Porselen sangat rentan terhadap perubahan suhu. Untuk merawatnya seseorang perlu memperhatikan suhu pada porcelain tersebut karena ia tidak dapat bertahan pada perbedaan suhu yang drastis.

6. Kuningan
Jika menginginkan kilau yang tinggi, gosokkan cat kuningan (seperti Weiman atau Wright) ke permukaan dengan menggunakan kain poles atau sarung tangan, lalu kilaukan dengan lembut. Anjuran itu disampaikan Tina Frey, pendiri Tina Frey Designs, pembuat resin berbasis di San Francisco, AS. Usai digunakan, simpan perkakas kuningan di ruang bersuhu stabil.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Gokli