PKP

Malaysia Tangkap 20 Teroris, Termasuk WNI Pimpinan JAD
Oleh : Redaksi
Sabtu | 23-12-2017 | 10:14 WIB
teroris-ditangkap-malaysia.jpg honda-batam
Polisi Malaysia menangkap 20 tersangka teroris. (Malaysian Police, Special Branch Counter Terrorism Division E8/channelnewsasia.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polisi Malaysia menangkap 20 tersangka teroris, termasuk tujuh warga Filipina, lima warga Indonesia (WNI) dan satu asal Afrika Utara dalam serangkaian operasi di berbagai negara bagian.

Situs berita Channel News Asia mengutip Inspekstur Jenderal Malaysia Mohammad Fuzi Harun, Jumat (22/12) menyatakan para tersangka ditahan di Johor, Selangor, Kuala Lumpur dan Sabah antara 30 November hingga 15 Desember.

Satu tersangka berasal dari Filipina dan satu warga Indonesia disebut-sebut sebagai para pemimpin kelompok teroris di negara masing-masing.

Penangkapan terbesar terjadi di Sabah pada 10 Desember lalu, di mana enam warga Malaysia dan lima Filipina berusia antara 16 hingga 47 tahun ditangkap saat berencana untuk bergabung dengan kelompok teror di Filipina Selatan.

Seorang pria asal Indonesia berusia 24 tahun ditangkap di Pontian, Johor. Dia diyakini sebagai pemimpin Jamaah Ansharut Daulah (JAD), kelompok militan yang telah menyatakan dukungan kepada ISIS.

WNI itu diyakini terlibat dalam insiden pengeboman di Bandung, Juli 2017.

JAD adalah kelompok di balik dua pengeboman di Jakarta, yakni pengeboman di Starbucks Cafe pada 2016, dan ledakan di terminal bus Kampung Melayu, Jakarta Timur awal Mei lalu.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Gokli