Ini Cara Membuat Bakwan yang Lezat dan Mantap
Oleh : Redaksi
Kamis | 21-12-2017 | 14:39 WIB
Bakwan-Jagung-kepiting11.gif Promo PKP
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Salah satu camilan yang nikmat disantap bersama keluarga sambil menghabiskan waktu bersama adalah bakwan.

Namun terkadang, adonan bakwan yang kita buat tak semantap yang dibuat oleh penjaja gorengan langganan kita. Pada dasarnya, bakwan adalah adonan tepung yang diisi dengan aneka bahan kemudian digoreng.

Bakwan yang enak garing di luar namun masih lembut di dalam sehingga terasa tekstur aneka bahan isinya. Untuk membuat bakwan yang pas seperti ini, rahasianya ada pada adonan tepung yang tepat komposisinya. Adonan tepung untuk bakwan terdiri dari tepung terigu, telur, bumbu, air, dan perasa.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang menambahkan tepung beras dan tepung kanji. Tujuannya adalah untuk membuat bakwan lebih garing luarnya.

Tepung beras dan tepung kanji yang ditambahkan cukup sedikit saja agar tekstur asli bakwan tetap bagus. Bumbu utama yang digunakan dalam bakwan adalah bawang merah, bawang putih, sedikit ketumbar. Kemudian, bakwan kita beri potongan daun bawang dan/atau kucai.

Rahasia membuat adonan bakwan yang pas adalah perbandingan adonan tepung dan air yang tepat. Bergantung kepada isiannya, sebenarnya tidak ada rasio pasti dalam mencampur cairan dan tepung. Yang bisa kita perhatikan adalah tekstur adonan bakwannya.

Pastikan adonan bakwan cukup kental namun tetap bisa disendoki dengan mudah. Kalau terlalu banyak tepungnya, adonan bakwan bisa jadi keras dan tebal. Kalau terlalu encer, adonan bisa tipis dan melebar seperti rempeyek. Saat digoreng pun nanti bahan isian bakwan bisa terpisah.

Sumber: Nova.Id
Editor: Yudha


BNN-KEPRI